Profil Lee Do Hyun, Aktor yang Berpasangan dengan Song Hye Kyo di The Glory

12 Maret 2023 21:03 WIB

Narasi TV

Foto Lee Do Hyun di akun Instagram pribadinya. (Sumber: Instagram/@ldh_sky)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Baru-baru ini nama Lee Do Hyun menjadi sorotan, kali ini berkat aktingnya di drama The Glory (2022-2023) bersama Song Hye Kyo. 

Akting kedua aktor Korea Selatan tersebut mencuri perhatian para penonton The Glory. Adegan romantis Lee Do Hyun dengan mantan istri Song Joong Ki itu dipuji oleh warganet di media sosial.

Respons baik dari para penonton tersebut tentu menjadi hal spesial bagi Lee Do Hyun karena drama The Glory adalah drama comeback aktor 27 tahun tersebut. 

Sebelum The Glory dirilis, terakhir kali Lee Do Hyun bermain peran adalah ketika ia membintangi drama Melancholia pada 2021 lalu.

Profil Lee Do Hyun

Lee Do Hyun lahir di Goyang, Korea Selatan pada 11 April 1995 dengan nama lahir Lim Dong Hyun. 

Aktor 27 tahun ini memulai debut aktingnya dengan membintangi drama Prison Playbook pada tahun 2017. Dalam drama tersebut ia berperan sebagai sipir penjara Lee Joon Ho (Jung Kyung Ho) versi muda.

Tahun 2018 ia kembali memerankan sejumlah judul drama seperti Still 17 (2018) dan Clean With Passion for Now (2018-2019).

Kemampuan akting Lee Do Hyun dalam dua drama tersebut membuka pintu kesuksesan baginya setahun setelahnya.

Pada tahun 2019, Lee Do Hyun mencapai kepopuleran setelah membintangi drama Hotel Del Luna (2019).

Berperan sebagai pemeran pembantu, kemampuan akting Lee Do Hyun disebut membuat para penonton mengalami second lead syndrome.

Second lead syndrome adalah situasi di mana penonton justru ingin melihat tokoh utama dipasangkan dengan tokoh pembantu, alih-alih dengan sesama tokoh utama. 

Drama bergenre supranatural tersebut terbilang sukses. Pada tahun perilisannya, Hotel Del Luna berhasil mendapatkan enam nominasi dari lima acara penghargaan yang berbeda.

Sejalan dengan kesuksesan Hotel Del Luna, Lee Do Hyun juga ikut mengalami peningkatan karier.

Setahun setelahnya, pada 2020, Lee Do Hyun mendapatkan akhirnya mendapatkan peran utama pertama dalam kariernya ketika diminta membintangi drama 18 Again (2020).

Sejak saat itu, Lee Do Hyun menjadi salah satu aktor ternama Korea Selatan.

Kehidupan keluarga

Lee Do Hyun pernah menceritakan kehidupan keluarganya yang sulit lewat sebuah wawancara dengan Esquire Korea pada tahun 2020 lalu.

Dalam wawancara tersebut, ia mengungkapn sisi lain kehidupannya, bahwa ia seringkali dipandang rendah karena memiliki adik laki-laki dengan kelainan perkembangan.

Namun ia mengungkapkan bahwa dirinya sangat mencintai adik laki-lakinya, bahkan seringkali adiknya lah yang menjadi inspirasi setiap kali ia bekerja sebagai aktor.

Setelah Lee Do Hyun sukses menjadi aktor, ia pun tak melupakan keluarganya. Justru, ia berharap dapat membahagiakan orang tua dan adik laki-lakinya dengan memberikan hidup yang layak.

Sederet penghargaan Lee Do Hyun

Aktor berzodiak aries ini masih terbilang baru sebagai aktor, namun sederet penghargaan bergengsi berhasil ia raih seperti Aktor Terbaik kategori One Act/Special/Short Drama pada ajang KBS Drama Awards 2019.

Selain itu, Berkat kemampuan aktingnya di drama 18 Again ia juga berhasil meraih penghargaan sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik dalam dua acara penghargaan, yakni Korea First Brand Award 2020 dan APAN Star Awards 2021.

Dan puncaknya, Lee Do Hyun meraih penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-57.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR