Profil Lily Yulianti Farid, Penulis, Peneliti, dan Aktivis Literasi Indonesia yang Meninggal karena Kanker

10 Maret 2023 12:45

Narasi TV

Penulis dan aktivis literasi, Lily Yulianti Farid. Sumber: Rumata Art Space.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Lily Yulianti Farid meninggal dunia pada hari Kamis, 9 Maret 2023 pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Peter MacCallum Cancer Centre di Melbourne, Australia. Kabar ini disampaikan oleh suami Lily, Farid Ma’ruf Ibrahim melalui akun Facebook dan Instagram. Lily meninggal setelah sebulan lebih dirawat karena sakit kankernya.

“Lily sudah tiada. Innalillahi wainnailaihi rajiun. Dia berangkat dengan tenang. Didampingi saya dan Fawwaz, ”tulis Farid melalui akun Instagramnya. Foto yang diunggahnya memperlihatkan wajah Lily yang tersenyum sambil membawa bunga.

Menurut kakak ipar almarhumah, Hasymi Ibrahim, Lily Yulianti akan dimakamkan di Kota Melbourne, Australia sesuai keinginannya sendiri. Kabar meninggalnya Lily membuat para aktivis dan pegiat literasi di Indonesia pun berduka. Mereka ramai menyampaikan ucapan belasungkawa di media sosial. 

Profil Lily Yulianti

Lily Yulianti Farid adalah seorang penulis, mantan jurnalis, aktivis, dan peneliti. Baru-baru ini, Lily sedang menulis sejarah Australia yang menjadi proyek penelitiannya. Selain itu, ia juga sedang mempersiapkan film hubungan antara Suku Aborigin di Australia dan Makassar.

Ia lahir pada 16 Juli 1971 di Makassar, Sulawesi Selatan. Ia menjalani pendidikan sebagai mahasiswa jurusan Hama dan Penyakit Tanaman di Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin. 

Lily kemudian melanjutkan pendidikan S2 pada tahun 2001 dengan mengambil studi Gender and Development. Pada tahun 2010, ia mendaftar program Doktor bidang Gender and Media di Melbourne, Australia.

Passion-nya di bidang jurnalistik dimulai sejak ia bergabung bersama pers mahasiswa. Beberapa media seperti Harian Kompas, Radio Australia, Nytid News Magazine, dan Panyingkul! menjadi saksi karirnya dalam jurnalistik.

Lily juga sering menulis cerita pendek yang sudah menjadi hobinya sejak kecil. Beberapa kumpulan cerita pendek yang ia tulis kemudian dibukukan. Buku tersebut berjudul Makkunrai dan 10 Kisah Perempuan Lainnya (2008), Family Room (2010), dan Ayahmu Bulan, Engkau Matahari: Kumpulan Cerpen (2012).

Keaktifannya menulis membuat Lily akhirnya menggagas dan menjalankan Makassar International Writers Festival (MIWF) sejak pertengahan tahun 2011. Event ini juga beberapa kali mendapat penghargaan internasional.

Tidak berhenti di situ, Lily bersama sutradara Riri Riza mendirikan Rumata Art Space di Makassar pada tahun 2010. Tempat tersebut adalah rumah budaya yang menjadi pusat kegiatan kesenian dan kebudayaan.

Lily pernah mendapatkan penghargaan Leadership Award dari Melbourne University. Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusinya dalam mengembangkan organisasi dan kemasyarakatan di bidang media dan komunikasi di Indonesia dan Australia.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Art & Design
Gali Potensi Diri, Pelajari Ilustrasi Komik Strip

Salah satu karya seni ilustrasi yang berpengaruh adalah komik. Mudah dipahami, banyak peminatnya, dan berpotensi baik di industri. Yuk, gali potensi dan siapkan dirimu menjadi seorang komikus dengan ikut kelas ini!

Kelas Online
Art & Design
Dari Motion Sampai Animasi, Semakin Cuan Di Masa Depan

Di zaman yang serba digital dan era NFT yang semakin populer, terbuka kesempatan yang semakin besar untuk kamu meraup cuan dari karya yang kamu punya, seperti motion & animasi. Di kelas ini kamu akan memahami proses pembuatan sampai komersialisasi karya motion & animasi.

Kelas Online
Social Media
Jadi Brand Pionir Lewat Strategi Media Sosial & Content Marketing!

Enggak hanya akses informasi dan hiburan, sekarang, sosial media bisa kamu maksimalkan untuk branding lewat strategi media sosial & content marketing. Kuasai tekniknya di sini ya!

Kelas Online
Social Media
Brand Identity: Bikin Konten Media Sosial Konsisten

Sebagai pengguna media sosial, kebanyakan dari kita akan sangat senang jika mendapat informasi atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Pesan-pesan konten di akun-akun media sosial serasa dekat dan seolah sedang berbicara dengan kita sebagai teman. Inilah yang dinamakan memanusiakan akun media sosial. Di kelas ini, kamu akan mendapat ilmu bagaimana memanusiakan media sosial seperti membangun kehadiran dan identitas lewat branding.

Kelas Online
Event
KEREN: Kelas Event Creative Narasi Academy

Kamu sudah sering datang dan menikmati pertunjukan di sebuah event? Tapi, pernah enggak sih, kepo dengan proses kreatif dan persiapan teknis di satu event? Yuk, cari tahu di sini!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Event
Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Pada Event-mu!

Di balik perencanaan dan pelaksanaan event ada berbagai cerita menarik, seperti proses kreatif, event management dan budgeting plan. Yuk, kita cari tahu lebih banyak!

Kelas Online
Journalism
Memahami Reportase Sampai Investigasi: Sajikan Fakta & Data

Kamu selalu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Salah satunya adalah dengan menjadi citizen journalism. Berita yang kredibel, informatif dan mendalam bisa dengan mudah untuk kamu sajikan ke publik! Di sini kamu harus memperhatikan pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat agar tidak terjadi mispresepsi terhadap masyarakat. Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif. Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta mengkurasi berita dengan menyajikan fakta dan data dengan metode storytelling.

Kelas Online
Content Production
Meramu Video Estetik Dengan Teknik Storytelling, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah salah satu calon content creator professional di masa depan. Apalagi, sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Karena itu, kunci utamanya adalah belajar di kelas ini untuk menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience-mu.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya