Profil Nike Ardilla: Lady Rocker Indonesia yang Duet dengan Melly Goeslaw Lewat AI

30 Desember 2023 13:12 WIB

Narasi TV

Foto mendiang Nike Ardilla, penyanyi legendaris Indonesia. (Sumber: Instagram/nikeardilla_id)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Nama lady rocker Indonesia era 90-an, Nike Ardilla, kembali banyak dibicarakan oleh publik. Hal ini menyusul dirilisnya lagu kolaborasi Nike Ardilla dengan Melly Goeslaw yang dibuat menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Lagu berjudul “Bertemu Kembali” itu diinisiasi oleh Melly Goeslaw dan menampilkan visual Nike Ardilla yang berhasil mengobati kerinduan penggemar pada sang penyanyi berjuluk “Ratu Rock Indonesia”. 

Video musik lagu “Bertemu Kembali” dirilis melalui kanal YouTube Musica Studios pada 6 Desember 2023. Perilisan lagu ini juga menandai momen perayaan ulang tahun Nike Ardilla yang jatuh pada 27 Desember. 

Mengutip deskripsi di kanal YouTube Musica Studios, lagu “Bertemu Kembali” merupakan gabungan dari lagu Nike Ardilla berjudul “Duka Pasti Berlalu” ciptaan Dadang S. Manaf dan lagu baru ciptaan Melly Goeslaw. 

Menurut Melly, lagu “Bertemu Kembali” menceritakan percakapannya di masa lalu dengan Nike yang merupakan sahabatnya. Mereka sempat berencana untuk menikah bersama-sama, meski akhirnya Nike terlebih dahulu meninggal dunia. 

“Setelah saya akhirnya bertemu dengan jodoh saya, Nike malah pergi duluan, dan angan-angan kami di masa lalu tidak pernah menjadi kenyataan,” ungkap Melly. 

Profil Nike Ardilla

Nike Ardilla merupakan salah satu penyanyi legendaris Indonesia yang menjadi kesayangan banyak orang. Meski telah lama berpulang, sosok Nike Ardilla masih tetap disanjung dan karya-karyanya masih kerap diperdengarkan di berbagai kesempatan. 

Lahir di Bandung, 19 Maret 1995, pemilik nama lengkap Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi telah menunjukkan bakat bernyanyi sejak berusia 5 tahun. Ia telah terjun ke dunia tarik suara sejak belia dengan menjadi seorang penyanyi keroncong. 

Nama Nike mulai dikenal usai menjadi Juara Harapan I dalam Lomba Lagu Pilihanku TVRI. Nike juga menjuarai Festival Pop Singer HAPMI Bandung pada 1985. 

Karier profesional Nike dimulai saat dirinya bergabung dengan manajemen Denny Sabri. 

Nike yang saat itu masih berstatus pelajar kelas 5 SD menggunakan nama panggung Nike Astrina dengan harapan dapat menyaingi Nicky Astria, penyanyi rock yang saat itu tengah naik daun. 

Nike Ardilla meluncurkan album pertamanya, Seberkas Sinar, pada Oktober 1989 saat bergabung dengan Proyek Q. Records. Sejak merilis album debut, nama Nike Ardilla masuk ke jajaran artis papan atas yang cukup diperhitungkan. 

Selain sebagai penyanyi, Nike Ardilla juga sukses menjajaki karier sebagai model dan bintang film kenamaan. 

Di tengah kejayaan kariernya, Nike Ardilla mengalami musibah kecelakaan mobil pada 19 Maret 1995. Nike Ardilla meninggal dunia akibat luka parah di kepala dan luka-luka di tubuhnya. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR