Profil Panji Gumilang: Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun yang Kontroversial

18 Jul 2023 17:07 WIB

thumbnail-article

Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang tiba di Gedung Sate untuk menjalani pemeriksaan di Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/agr

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Panji Gumilang menjadi sorotan publik baru-baru ini setelah pernyataan-pernyataan kontroversialnya tentang Islam dan Pondok Pesantren Al-Zaytun yang ia pimpin viral.

Salah satunya adalah klaim bahwa Pondok Pesantren Al-Zaytun mengikuti mazhab Ahmad Soekarno, taubat zina dapat diatasi dengan membayar uang, tata cara salat Idulfitri yang berbeda, keputusan untuk memilih perempuan sebagai imam salat, dan bahkan salam Yahudi.

Buntut dari pernyataan kontroversial tersebut, Dewan Pimpinan Pusat Forum Advokat Pembela Pancasila melaporkan Panji Gumilang ke Mabes Polri pada Jumat (23/6/2023) bulan lalu dengan tuduhan meresahkan masyarakat.

Selain itu, tim investigasi yang terdiri dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama, dan ormas Islam mengundang Panji Gumilang untuk bertemu di Kantor Gubernur Jawa Barat, Kota Bandung, pada hari yang sama.

Namun, siapa sebenarnya Panji Gumilang, sosok pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun yang kontroversial ini?

Biografi Panji Gumilang

Panji Gumilang lahir pada 30 Juli 1946 di Gresik, Jawa Timur. Pendidikan formalnya dimulai dari Sekolah Rakyat (SR), lalu ia melanjutkan pendidikannya di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo.

Setelah itu, ia melanjutkan kuliah di UIN Syarif Hidayatullah, di mana ia mengambil jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam. 

Panji Gumilang juga dikenal sebagai ketua Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah periode 2006-2013.

Pondok Pesantren Al-Zaytun didirikan pada 1 Juni 1993 oleh Yayasan Pesantren Indonesia (YPI), dengan Imam Supriyanto dan Haji Sarwani sebagai pendirinya. 

Pembangunan Al-Zaytun dimulai pada 13 Agustus 1996, dan pondok ini diresmikan oleh B.J. Habibie pada 27 Agustus 1999.

Meskipun sejumlah sumber menyatakan bahwa Panji Gumilang bukanlah pendiri Pondok Al-Zaytun, tetapi setelah meninggalnya Haji Sarwani pada tahun 2005, Imam Supriyanto mengangkat Panji Gumilang sebagai pengurus Pondok Al-Zaytun.

Berikut adalah biodata singkat Panji Gumilang:

  • Nama Lengkap: Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang
  • Nama Terkenal: Panji Gumilang
  • Tempat, Tanggal Lahir: Gresik, 30 Juli 1946
  • Pendidikan: Pondok Modern Darussalam Gontor, UIN Syarif Hidayatullah
  • Profesi: Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun

Kepribadian dan pernyataan kontroversial Panji Gumilang dalam beberapa waktu terakhir telah menarik perhatian publik dan memicu reaksi yang beragam.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER