Mengenal Profil Parwati Surjaudaja: Salah Satu Srikandi Dunia Perbankan Indonesia

16 Oktober 2023 22:10 WIB

Narasi TV

Foto Parwati Surjaudaja yang diunggah di akun Instagram pribadinya. (Sumber: Instagram/@parwatisurjaudaja)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Nama Parwati Surjaudaja dikenal sebagai pemimpin bank swasta tertua di Indonesia OCBC NISP. Ia menjadi salah satu perempuan yang berhasil menduduki jabatan tertinggi dalam dunia perbankan.

Ibu empat anak telah menyandang jabatan sebagai Presiden Direktur dan CEO PT Bank OCBC NISP sejak tahun 2008.

Ketika ia ditunjuk ayahnya, Karmaka Surjaudaja, untuk menahkodai bank swasta tertua di Indonesia tersebut, tak banyak perempuan yang duduk di posisi strategis macam itu.

Kala itu, dunia perbankan Indonesia masih dominan diisi oleh para laki-laki, sedangkan keberadaan perempuan dapat dihitung dengan jari.

Rekam jejak Parwati dalam menangani OCBC NISP pun tak dapat dianggap remeh. Terbaru, ia berhasil membawa bank tersebut melewati krisis ekonomi imbas pandemi Covid-19.

Profil Parwati Surjaudaja

Mengutip dari laman resmi OCBC NISP, perempuan berusia 59 tahun ini mengenyam pendidikan tingginya di Amerika Serikat. Gelar sarjana sampai master diperolehnya dari San Francisco State University.

Perempuan kelahiran Bandung ini awalnya berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science dari jurusan Accounting and Finance pada tahun 1985 dan berhasil meraih peringkat cum laude

Dua tahun berselang, ia kemudian melanjutkan studi di universitas yang sama dan mendapatkan gelar Master of Business Administration dari jurusan Accounting.

Setelah menyelesaikan studi di Amerika Serikat, Parwati memutuskan kembali ke Tanah Air untuk bekerja sebagai Senior Consultant selama tiga tahun di SGV Utomo, salah satu firma akuntansi pertama di Indonesia rintisan Utomo Josodirdjo.

Dunia perbankan mulai ia geluti saat sang ayah, Karmaka Surjaudaja, meminta Parwati untuk menjadi direktur yang menangani bidang sumber daya manusia, finansial, dan perencanaan strategis di OCBC NISP.

Jabatan strategis ini diemban Prawati selama 7 tahun lamanya, yaitu dari tahun 1990 hingga 1997. Saat itu diketahui belum banyak Perempuan yang menduduki jabatan strategis di dunia perbankan.

Namun, berkat rekam jejak dan etos kerjanya, ia ikut menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk berani mengambil jabatan strategis di dunia perbankan.

Penghargaan yang pernah diraih Parwati Surjaudaja

Sederet penghargaan bergengsi pernah diraih oleh Parwati Surjaudaja, berikut adalah daftaranya:

  • CEO Terbaik - Bisnis Indonesia Award - Harian Bisnis Indonesia. (2015).
  • The Best CEO - Majalah SWA, Ipsos dan Dunamis Organization Services (2016).
  • Indonesia 100 Business Woman of The Year Versi Majalah SWA (2016).
  • Top 50 Asia’s Power Business Woman dari Majalah Forbes Asia (2016).
  • Bankers of The Year Award dari Majalah Infobank (2019).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR