Profil Piko Penulis Rana Renjana, Novel Pemenang Cerita Khatulistiwa 2022

14 Dec 2023 19:12 WIB

thumbnail-article

Buku "Rana Renjana" yang ditulis oleh Piko. (Sumber: Kompas)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Rana Renjana merupakan novel Indonesia terbaru yang mengangkat tema seputar lokalitas dan kekayaan budaya nusantara. 

Novel ini merupakan salah satu dari enam pemenang Kompetisi Cerita Khatulistiwa (TAWA) 2022 yang diselenggarakan oleh Penerbit Buku Kompas bersama Gramedia Writing Project (GWP).

Novel Rana Renjana ditulis oleh Piko, penulis yang aktif menelurkan karya melalui berbagai platform menulis online

Piko akan membagikan pengalaman kepenulisannya kepada kawan-kawan Klub Buku Narasi dalam acara “The Writers Club 8: Ramu Data Jadi Cerita” yang akan berlangsung pada Jumat, 15 Desember 2023 pukul 19.00—20.30 WIB. 

Sebelum mengikuti acaranya, yuk simak profil Piko sang penulis novel Rana Renjana yang akan menjadi narasumber di “The Writers Club 8: Ramu Data Jadi Cerita”

Profil Piko, penulis novel Rana Renjana

Piko merupakan nama pena yang digunakan oleh sang penulis. Kata ‘piko’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti ‘per seribu miliar’. Kata itu juga kerap muncul dalam mata pelajaran Kimia dan Fisika.

Kendati memiliki banyak arti, Piko memilih nama penanya itu tanpa alasan yang khusus. Melalui unggahan di akun Instagramnya, @fikasipiko, ia mengaku nama tersebut merupakan panggilan kecilnya saat tinggal di Yogyakarta. Nama itu kemudian terbawa hingga sekarang saat dirinya telah merantau ke Jakarta. 

Piko awalnya merupakan seorang karyawan swasta yang setiap hari berkutat dengan angka, analisis, perencanaan inventoris, dan perencanaan produksi. 

Pada awal tahun 2019, Piko memutuskan untuk memulai kembali hobi menulis yang telah lama ditinggalkannya. Ia berjumpa dengan platform menulis Cabaca yang pada saat itu tengah mengadakan kompetisi song fiction

Tak melewatkan kesempatan itu, Piko menuliskan cerita berdasarkan pengalamannya menjalani hubungan jarak jauh dengan suaminya beberapa tahun silam. Piko menggunakan lagu “Dekat di Hati” milik RAN sebagai inspirasi menulis, dan berhasil menyelesaikan novel berjudul Ribuan Yonjana. Novel itu mendapatkan juara ketiga pada kompetisi tersebut.

Usai Ribuan Yonjana, Piko menelurkan novel keduanya berjudul Revive yang kembali dibagikannya melalui platform Cabaca. 

Novel Piko yang terbaru, Rana Renjana, menjadi novel pertamanya yang diterbitkan usai menjuarai Kompetisi TAWA 2022. 

SInopsis Rana Renjana

Berikut ini sinopsis dari novel Rana Renjana karya Piko:

Di Desa Slingo, kabut merah dari Pegunungan Menoreh menyebabkan wabah yang menginfeksi anak-anak setiap sandikala.

Untuk mengusir wabah, Tari Lengger Slingo harus digelar dan penari dipilih oleh leluhur adalah Rama, pewaris Sanggar Tari Slingo yang tidak tertarik menjadi penari. 

Sementara itu, Jana mahir menari, tapi dianggap remeh bersaing memperebutkan posisi sebagai pengibing Ranaya sang ledek dalam pertunjukan yang krusial di Pendopo Krajan.

Tanpa mereka sadari, persaingan ini membawa mereka dalam pertarungan cinta dan misteri. Siapakah di antara mereka yang akan menjadi pemenang dan mengungkap rahasia di balik Lengger Slingo?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER