Profil Pratama Arhan, Baru Saja Menikahi Azizah Salsha Anak dari Andre Rosiade

21 Agustus 2023 19:08 WIB

Narasi TV

Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan berselebrasi bersama rekannya setelah berhasil mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste dalam pertandingan sepak bola Leg 1 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Pemain belakang Timnas Indonesia, Pratama Arhan, telah sah menjadi menantu anggota DPR RI periode 2019-2024 Andre Rosiade setelah melangsungkan pernikahan dengan putrinya, Azizah Salsha.

Pernikahan Pratama Arhan dan Azizah Salsha berlangsung pada Minggu, 20 Agustus 2023 di Masjid Indonesia Tokyo, Jepang. Akad nikah dilaksanakan secara tertutup dengan kehadiran keluarga dan teman dekat.

Acara pernikahan Arhan dan Zize, panggilan akrab Azizah Salsha, juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang menjadi saksi dalam resepsi akad nikah.

Erick Thohir mengucapkan selamat kepada Pratama Arhan atas pernikahannya, yang menandakan perjalanan barunya di usia 21 tahun. Ia berharap kebahagiaan pernikahan mereka akan berlanjut hingga masa tua.

Erick juga mengungkapkan harapannya bahwa pernikahan ini akan memberikan semangat baru bagi Pratama Arhan dalam karir sepak bolanya di Indonesia. Di akun Instagramnya, Erick Thohir menulis,

"Alhamdulillah, selamat menempuh hidup baru @pratamaarhan8 dan @azizahsalsha_. Saya hadir di Tokyo, menjadi saksi pernikahan Arhan, salah satu andalan Timnas Indonesia," tulis Erick Thohir di akun Instagram pribadinya.

Erick berharap bahwa pernikahan ini akan memotivasi Pratama Arhan untuk terus berkembang sebagai pesepakbola Indonesia.

Pernikahan mereka juga disaksikan oleh beberapa tokoh lainnya, termasuk Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi, dan tokoh lainnya.

Profil singkat Pratama Arhan

Pratama Arhan memiliki nama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai. Lahir di Blora pada 21 Desember 2001. Ia pertama kali mendapatkan sorotan media setelah tampil ciamik di Piala AFF 2020.

Prestasinya di lapangan membuatnya dianugerahi sebagai pemain muda terbaik. Pada tahun 2022, Arhan bergabung dengan klub Liga 2 Jepang (J2 League), Tokyo Verdy.

Anak dari pasangan Sutrisno dan Surati tersebut memang memiliki minat pada sepak bola sejak kecil.

Pada usia 10 tahun, ia mengikuti pelatihan sepak bola di SSB Putra Mustika hingga 2015.

Selepas menimba ilmu dari SSB Putra Mustika, Pratama Arhan lantas bermain untuk PSIS U-18 dan tampil dalam kompetisi usia muda Elite Pro Academy (EPA) U-18 pada 2019.

Sepak bola bukanlah cita-cita awal Pratama Arhan, pemain asal Blora tersebut sebenarnya ingin menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi kemudian memilih menjadi pemain sepak bola setelah dorongan dari kakaknya.

Sempat terkendala masalah finansial sewaktu hendak pergi ke Semarang, keluarga Pratama Arhan sempat berutang kepada tetangga untuk membiayainya.

Melalui perjuangan dan kerja keras, Pratama Arhan kini berhasil menjadi pemain top di usia muda dan berkarir di Tokyo Verdy, salah satu klub kontestan K-League 2.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR