Profil Shakira Amirah, Juara Clash of Champions Ruangguru

20 Aug 2024 14:08 WIB

thumbnail-article

Shakira Amirah. Sumber: Instagram @shakiraamirah.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Babak final Clash of Champions (CoC) Ruangguru telah berlangsung pada Sabtu, 17 Agustus 2024, dengan Shakira Amirah keluar sebagai juara. 

Final CoC mempertemukan Shakira, mahasiswa Fakultas Kedokteran dari Universitas Indonesia dan Axel Giovanni, mahasiswa National University of Singapore (NUS) yang mengambil double major Computer Science dan Mathematics.

Shakira menang pada game pertama dan terakhir yakni Number Blitz dan The Emperor's’ Mind. Ia hanya kalah dari Axel pada game kedua, The IQ Race. 

Nama Shakira Amirah pertama kali mencuri perhatian publik saat Ruangguru memperkenalkannya sebagai peserta Clash of Champions. Di bagian profilnya, tertulis bahwa ia telah memiliki 13 publikasi ilmiah yang terindeks Scopus. 

Sejak awal kemunculannya di ajang Clash of Champions, Shakira menjadi salah satu peserta yang ‘bersinar’ karena berhasil menjadi orang pertama dan tercepat dalam menyelesaikan tantangan extreme addition di episode 1. 

Kini, ia telah keluar sebagai juara. Lalu, seperti apa profil dari sang pemenang CoC musim pertama?

Profil Shakira Amirah

Mengutip informasi di website Ruangguru, Shakira Amirah lahir di Malang pada 6 November. Shakira memasuki Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia pada tahun 2020 dan telah lulus pada semester ganjil tahun akademik 2023/2024. 

Shakira merupakan lulusan SMP 115 Jakarta dan MAN Insan Cendekia Serpong, dua sekolah yang terkenal sebagai favorit di masing-masing jenjangnya. 

Kedua orang tua Shakira diketahui berprofesi sebagai dokter, yang membuatnya terdorong untuk berkarier di bidang yang sama. Karena itulah, ia sangat bertekad untuk masuk Fakultas Kedokteran UI dan belajar dengan giat.

Berkat tekadnya yang sungguh-sungguh, penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud-Ristek ini dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia tahun 2023. 

Selain berprestasi di bidang akademik, Shakira juga aktif berorganisasi dan mengikuti berbagai lomba. Shakira pernah menjadi pembicara di Main Event TEDxUNDIP 3.0 “The Art of an Extraordinary Era” pada 18 Desember 2022. 

Di tahun yang sama, Shakira juga sukses menyabet juara 1 di Asian Medical Student Conference (AMSC) di Seoul, Korea Selatan.

Saat ini, ia menjabat sebagai Vice Overall Chairperson Internal (VOCI) Asian Medical Students’ Association (AMSA) International dan anggota Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA TOKI).

Shakira juga magang sebagai peneliti di Medical Education IMERI Universitas Indonesia, institusi yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat melalui inovasi di pendidikan medis dan penelitian.

Kini, Shakira Amirah tengah menjalani pendidikan Profesi Dokter di Universitas Indonesia.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER