Profil Shen Yinhao, Wasit Indonesia vs Uzbekistan yang Tuai Kontroversi

30 April 2024 14:04 WIB

Narasi TV

Wasit Shen Yinhao (tengah) tengah menjadi pengadil pertandingan Liga Super Tiongkok antara Shandong Luneng dan Beijing Guoan. (Sumber: Kantor berita Tiongkok, Xinhua)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Mimpi Indonesia untuk lolos ke babak final Piala Asia U-23 2024 pupus usai tumbang 0-2 dari Uzbekistan pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). 

Gol kemenangan Uzbekistan dicetak oleh Khusayin Norchaev dan gol bunuh diri Pratama Arhan. 

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 diwarnai kontroversi dari wasit Shen Yinhao yang beberapa kali mengeluarkan keputusan kontroversial. 

Salah satu keputusan pengadil asal China tersebut yang paling menuai kontroversi yakni saat menganulir gol Muhammad Ferarri pada menit ke-61. 

Keputusan itu diambil berdasarkan tinjauan VAR yang menunjukkan Ramadhan Sananta berada dalam posisi offside saat gol tercipta. 

Selain itu, wasit Shen Yinhao juga tidak memberikan penalti usai pemain gelandang Indonensia U-23 Witan Sulaeman ditekel oleh pemain lawan di kota terlarang.

Kontroversi lainnya terjadi saat wasit memberikan kartu merah kepada kapten Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho. Setelah mengecek VAR, Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran keras ketika berduel dengan pemain Uzbekistan, Jasuerbak Jaloliddinov, sehingga harus diusir dari lapangan. 

Keputusan janggal juga dibuat oleh Shen Yinhao dengan tetap melanjutkan pertandingan usai pelanggaran keras yang diterima Pratama Anhar di sisi lapangan. 

Lantas, seperti apa profil wasit Shen Yinhao yang membuat sejumlah keputusan kontroversial dan dianggap merugikan Timnas Indonesia U-23?

Profil Shen Yinhao

Shen Yinhao merupakan wasit kelahiran Shanghai, China, 6 November 1986. Yinhao bernaung di bawah Federasi Sepak Bola China (CFA) dan telah mengantongi lisensi wasit FIFA sejak 2018. 

Shen Yinhao kerap ditunjuk sebagai pengadil lapangan untuk pertandingan internasional, terutama di kejuaraan Asia. 

Sepanjang 2023 hingga 2024, Yinhao menjadi wasit pada Liga Super China, Piala AFC, hingga Piala AFC U-23 2024. 

Sebelum Semifinal Piala AFC U-23, Shen Yinhao pernah memimpin laga yang melibatkan Timnas Indonesia, yakni ketika Timnas Indonesia mengarungi kompetisi SEA Games 2023 Kamboja.

Pada pertandingan melawan Kamboja di SEA Games 2023 di Stadion Olimpiade Nasional, Phnom Penh itu, Yinhao juga membuat sejumlah keputusan yang dinilai ganjil.

Kala itu, Yinhao memberikan penalti untuk Kamboja usai Muhammad Ferarri dianggap melanggar lawan di dalam kotak penalti. Beruntung, tendangan penalti Kamboja mampu digagalkan oleh kiper Adi Satryo. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR