Profil Singkat Chris Hipkins, Perdana Menteri Selandia Baru

23 Jan 2023 15:01 WIB

thumbnail-article

Chris Hipkins, PM Selandia Baru saat ini. Sumber: The Guardian.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Resmi Chris Hipkins dipilih sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru pada Minggu (22/01/2023) menggantikan sosok Jacinda Ardern. Ia dipilih oleh Partai Buruh yang berkuasa di Selandia Baru.

Chris Hipkins yang saat ini berusia 44 tahun menjadi satu-satunya calon untuk menggantikan Jacinda Ardern di posisi PM. Dirinya telah direstui sebanyak 64 anggota parlemen Partai Buruh.

Biografi Singkat Chris Hipkins

Pria bernama lengkap Christopher John Hipkins ini lahir pada tanggal 5 September 1978 di daerah Hutt Valley, Wellington, Selandia Baru.

Dalam sebuah biografi yang diterbitkan di situs resmi Partai Buruh, Hipkins sebelumnya bersekolah di Waterloo Elementary School, Hutt Intermediate School, dan Hutt Valley Memorial College (Petone College). Pada tahun 1996 ia menjadi kepala sekolah. Hipkins kemudian menyelesaikan gelar Bachelor of Arts di bidang Politik dan Kriminologi dari Victoria University of Wellington.

Selama kuliah ia terlibat dalam kegiatan organisasi dan menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa pada tahun 2000-2001.

Setelah menyelesaikan pendidikan tingginya, Hipkins memiliki beberapa karir di Parlemen Selandia Baru, pertama sebagai penasihat dua menteri dan kemudian di kantor mantan Perdana Menteri Helen Clark, yang berkuasa dari tahun 1999-2008.

Ketika masa jabatan Clark berakhir, Hipkins terpilih sebagai anggota parlemen dari Partai Buruh untuk Distrik Remutaka pada pemilihan umum 2008.

Hipkins pernah ditunjuk sebagai juru bicara Kementerian Pendidikan pada 2013 bahkan setelahnya ia terpilih sebagai Menteri Pendidikan pada tahun 2017. Selama periode ini, Hipkins melakukan reformasi menyeluruh di sektor pendidikan Selandia Baru.

Pertama, dia meniadakan charter school (sekolah yang didanai pemerintah yang beroperasi secara mandiri dengan kurikulum yang berbeda dari sekolah umum). Program ini diprakarsai oleh pemerintah yang berkuasa sebelumnya.

Hipkins juga meluncurkan beberapa inisiatif untuk meningkatkan guru dan pelatihan melalui berbagai beasiswa yang ia berikan. Pada tahun 2019 Hipkins berhasil mengatasi kekurangan guru di Selandia Baru.

Demikian informasi seputar profil singkat Chris Hipkins yang ditunjuk sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru oleh Partai Buruh untuk menggantikan Perdana Menteri (PM) sebelumnya, Jacinda Ardern.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER