Profil Tom Lembong, Penulis Pidato Joko Widodo yang Menjadi Co-Captain Timnas Anies

9 Januari 2024 09:01 WIB

Narasi TV

Tom Lembong. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Nama Tom Lembong tengah menyita perhatian publik. Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Menteri Perdagangan ini sekarang menjadi Co-Captain Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Berikut profil Tom Lembong.

Thomas Trikasih Lembong atau akrab disapa Tom Lembong cukup aktif di media sosial X. Ia sempat muncul dalam live bersama Anies Baswedan melalui platform TikTok. Diketahui, Tom Lembong adalah Co-Captain Timnas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang menguasai bidang ekonomi.

Pria kelahiran Jakarta, 4 Maret 1971 ini adalah anak dari pasangan Yohanes Lembong (Ong Joe Gie) dan Yetty Lembong. Ia dikenal sebagai pengusaha ternama sekaligus ekonom senior di Indonesia.

Pendidikan dan karier Tom Lembong

Tom menempuh pendidikannya di Harvard University dan lulus tahun 1994. Ia adalah lulusan Arsitektur dan Perancangan Kota. 

Setahun pasca kelulusan, Tom Lembong memulai karier di Divisi Ekuitas Morgan Stanley Singapore Pte. Ltd. Pada tahun 1999, Tom beralih profesi sebagai bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia.

Pada tahun 2000, Tom ditunjuk menjadi Kepala Divisi dan Wakil Presiden Senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Kala itu, BPPN berada dibawah Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia yang bertugas melakukan rekapitalisasi dan restrukturisasi perbankan Indonesia usai krisis moneter 1998.

Setelah itu, Tom berpindah ke Farindo Investments hingga tahun 2005. Tahun 2006, Tom Lembong menjadi salah satu pendiri, Chief Executive Officer, dan Managing Partner di Quvat Management Pte.Ltd, sebuah perusahaan dana ekuitas. Kemudian ia menjadi Presiden Komisaris PT Graha Layar Prima Tbk tahun 2012-2014.

Karier dalam politik

Tak puas hanya sebagai ekonom, Tom Lembong menjajal keberuntungannya masuk ke dunia politik. Kala itu, Tom menjadi penasehat ekonomi Gubernur DKI Jakarta tahun 2013 yang saat itu dijabat oleh Joko Widodo.

Ia terus membersamai Joko Widodo. Bahkan, ia juga menjadi penulis pidato Jokowi sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga masa jabatan pertama sebagai Presiden Indonesia. 

Pidato yang ditulis oleh Tom untuk Jokowi sekaligus menjadi yang paling ikonik bertema “Game of Thrones” saat pertemuan IMF Bank Dunia 2018 dan “Thanos” di Forum Ekonomi Dunia.

Sejak Juli 2016-Oktober 2019, Tom menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selanjutnya, ia menjabat sebagai penasehat Internasional Institut Kajian Strategis Internasional (IISS) di London dan International Plastic Omnium di Perancis.

Tahun 2021, Tom Lembong ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Komisaris Utama PT Jaya Ancol. Setelah itu, Tom mendirikan Consilience Policy Institute yang beroperasi di Singapura. Institusi ini untuk mewadahi para pemikir kebijakan ekonomi internasionalis dan reformis di Indonesia.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR