Profil Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian yang Diundang KPK atas Dugaan Korupsi Kementan

15 Juni 2023 15:06 WIB

Narasi TV

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Besok Jumat (16/6/2023), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan hadir untuk diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Menanggapi undangan tersebut, Yasin Limpo angkat bicara dan mengaku tidak mengerti terkait penyelidikan yang sedang dilakukan oleh KPK.

“Saya tidak mengerti itu,” ujar Yasin Limpo usai meninjau kawasan sentra pengembangan bawang merah nasional di Solok, Sumatera Barat pada Rabu (14/6/2023), dilansir dari Antara.

Profil Yasin Limpo

Usai surat panggilan dari KPK dilayangkan, nama Yasin Limpo pun menjadi sorotan. Ia diduga terlibat dalam kasus yang tengah diselidiki KPK terkait korupsi di Kementan. Berikut ini profil lengkap Yasin Limpo.

Syahrul Yasin Limpo adalah Menteri Pertanian Republik Indonesia periode 2019-2024 yang berasal dari Partai NasDem. Sebelumnya, ia pernah masuk dalam daftar Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin.

Ia lahir di Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 16 Februari 1955. Ia berasal dari keluarga pejuang, anak dari Kolonel Muhammad Yasin Limpo. Ayahnya adalah seorang pejuang kemerdekaan, bagian dari Angkatan 45 yang sangat dihormati. 

Latar belakang pendidikannya adalah Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin, mulai dari gelar sarjana hingga gelar doktor. Ia pernah bergabung menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), hingga kini bergabung dengan Partai NasDem.

Sebelum menjadi Menteri Pertanian, Yasin Limpo sudah lama berkecimpung di dunia politik. Ia beberapa kali menjadi pejabat di Sulawesi Selatan. Berikut ini karier politik Yasin Limpo:

  • Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (2008-2016)
  • Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (2003-2008)
  • Bupati Kabupaten Gowa (1994-2002)
  • Sekretaris Wilayah Daerah Kabupaten Gowa (1991-1994)

Kasus korupsi Kementan

Kasus korupsi Kementan ini mulai diselidiki sejak 16 Januari 2023. Pihak KPK enggan memberi tahu siapa saja orang yang diundang untuk diperiksa terkait kasus korupsi Kementan. Yang jelas, KPK sudah meminta keterangan sejumlah orang terkait kasus tersebut.

“Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada Rabu (14/6/2023), dilansir dari detikNews.

Syahrul Yasin Limpo beserta anak buahnya diduga terlibat penyalahgunaan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan negara dan dugaan gratifikasi di Kementerian Pertanian Tahun 2019-2023.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR