Kenali Program Badan Amil Zakat Nasional untuk Masyarakat

22 Mar 2024 13:03 WIB

thumbnail-article

Kantor BAZNAS Kota Bandung. (Sumber: Pemkot Bandung)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memiliki beberapa program yang disusun untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dari berbagai aspek.

Baznas sendiri merupakan lembaga pemerintah non-struktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada presiden melalui menteri agama.

Baznas dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2001. Mereka adalah lembaga yang memiliki wewenang untuk mengelola zakat secara nasional berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011.

Program Badan Amil Zakat Nasional

Pada tahun 2023, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memiliki delapan program prioritas.

Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan menjelaskan bahwa delapan Program Prioritas Nasional BAZNAS tahun 2023 tersebut meliputi beasiswa, rumah layak huni, Rumah Sehat BAZNAS, dan Penguatan BAZNAS Tanggap Bencana. 

Selain itu, terdapat pula BAZNAS Microfinance/Bank Zakat Mikro, ZMart, ZChicken, dan Santripreneur. 

"Baznas menyadari betul bahwa aspek pendidikan, ekonomi, dan kesehatan, menjadi sangat penting untuk masyarakat di pascapandemi. Demi membantu umat yang membutuhkan, Baznas akan berfokus pada aspek-aspek itu, tapi tentu saja tidak melupakan aspek lainnya," ungkap Siadah, dikutip dari laman resmi Baznas.

Program Ramadan Baznas

Sementara pada Ramadhan tahun 2024 ini, Baznas memiliki 22 program unggulan hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Baznas RI, Noor Achmad.

Ia menyampaikan bahwa program-program Ramadan Baznas nantinya akan menyasar hingga ke 34 Provinsi se-Indonesia dengan target penerima manfaat 1,1 juta jiwa.

Ke-22 program Ramadhan tersebut meliputi program Paket Ramadhan Bahagia, Zakat Fitrah, Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi, Pendidikan Kesehatan di Pesantren Seluruh Indonesia, Bincang Sehat selama Ramadhan, Pos Siaga Mudik, Layanan Kesehatan Posko Mudik, Bedah Musholla, Hidangan Berkah Ramadhan, dan Rumah Layak Huni BAZNAS.

Kemudian ada program Cerita Mustahik Berbagi Ramadhan, Bazar Ramadhan, Paket Pangan Ramadhan 1445 H, Kurasi Produk Cuan Ramadhan, Berkah Parcel Ramadhan, Pesantren Kilat Digital Marketing. 

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER