Prosesi Puncak Pagelaran Kaesang-Erina di Solo

11 Dec 2022 14:12 WIB

thumbnail-article

Kaesang dan Erina saat Ngunduh Mantu di Surakarta. Sumber: Rusman, Tim Dokumentasi Paspamres

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih F.

Kaesang Pangarep putra ketiga Presiden Joko Widodo resmi menikahi kekasihnya Erina Sofia Gudono pada 10 Desember 2022 kemarin di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta  dengan mengusung adat Jawa. Erina tampak cantik menggunakan paes Ageng khas Yogyakarta berwarna hitam dengan hiasan prada emas di pelipisnya.

Hari ini Minggu,11 Desember 2022 Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar rangkaian acara ngunduh mantu yang digelar di Loji Gandrung, Kota Surakarta, acara ini sekaligus sebagai ajang untuk memelihara kebudayaan.

Dilansir dari Antaranews, Menurut Jokowi acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina kali ini untuk mengenalkan dan mencintai kebudayaan adalah sebuah kewajiban bersama.

"Hari ini Minggu, tanggal 11 Desember 2022, kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono sekaligus kita nguri-uri kabudayaan, merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita," ujar Jokowi kepada awak media di Loji Gandrung.

Lebih lanjut ia mengajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan kecintaan pada kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

"Kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter kita, karakter budaya kita juga makin kita cintai," imbuhnya.

Dalam rangkaian acara prosesi tersebut keluarga Erina menyerahkan kedua mempelai kepada perwakilan keluarga Kaesang. Prosesi dilanjutkan kirab pengantin. Dalam kirab tersebut, pengantin dan keluarga diarak dengan menggunakan 10 kereta kencana di tengah moment car free day menuju Pura Mangkunegaran.

Berdasarkan pantauan Antaranews, antusias warga Solo dan sekitarnya  sudah memadati Pura Mangkunegaran sejak pukul 05.00 WIB.  Tidak hanya itu ribuan warga terlihat memadati jalan Slamet Riyadi dan Diponegoro di Kota Solo.

Di sepanjang jalan, masyarakat riuh menyambut kirab tersebut. Kaesang dan Erina tampak menebar senyum seraya melambaikan tangan menyapa masyarakat yang antusias menanti kedatangan keduanya sejak pagi hari. Demikian halnya dengan Jokowi yang juga berkali-kali menangkupkan kedua tangannya seraya mengucapkan terima kasih kepada warga.

Masyarakat juga dihibur dengan adanya beragam panggung hiburan rakyat yang tersebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Panggung hiburan rakyat tersebut menampilkan Karawitan Muda, Keroncong Sawunggaling, ANF Band, OK Latar Jembar, Romanz Pitoe, Pengamen Pecel Solo, Keroncong Muda Surakarta, Karawitan Sanggar Gedong Kuning, dan Keroncong de Java.

Melihat antusias warga yang cukup padat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menurunkan 9.600 orang personil, ditambah dengan Polri, dan instansi lain seperti tenaga kesehatan, pemadam kebakaran dan total jumlahnya sebanyak 11.800 orang.

Selain antusias warga, dalam acara ngunduh mantu Kaesang Erin aini mengundang 6000 orang yang terdiri dari warga biasa hingga tamu VVIP dari luar negeri yaitu Pangeran Arab Saudi yang juga akan hadir untuk mendoakan pernikahan putra Presiden Joko Widodo ini di Pura Mangkunegaran Solo.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER