PSSI Imbau Perdamaian Suporter Persija dan Persib hingga Akar Rumput

5 September 2023 16:09 WIB

Narasi TV

Jakmania menyalakan suar (flare) saat mendukung klub kebanggaan mereka Persija Jakarta dalam laga uji coba melawan Rans Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/7/2022). . ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga mengajukan permintaan suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung untuk melakukan rekonsiliasi buntut saling ejek pasca laga Liga 1 pada Sabtu (02/09/2023).

Pada Sabtu lalu, Persija menjamu Persib dalam pekan ke-11 Liga 1 musim 2023-2024. Laga yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1.

Akan tetapi, setelah pertandingan berakhir, terjadi ketegangan antar-suporter yang datang ke kawasan stadion. Ketegangan tersebut berujung pada pelemparan batu oleh suporter.

Ketegangan tersebut terus berlanjut di media sosial dengan saling ejek antar kelompok suporter.

Pendukung Persija yang dikenal sebagai The Jakmania dan suporter Persib yang terdiri dari Bobotoh dan Bomber memang memiliki sejarah rivalitas yang cukup kental.

Menanggapi hal tersebut, Arya menyebut bahwa PSSI telah berkoordinasi dengan para suporter tersebut untuk mencegah pertikaian yang lebih luas.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Viking dan Bomber dengan The Jakmania. Kami meminta supaya dilakukan pertemuan dan rekonsiliasi secepatnya di akar rumput," ujar Arya pada Minggu (3/9), dilansir dari Antara.

Menurut Arya, rekonsiliasi antar suporter penting dilakukan, terutama di wilayah perbatasan basis pendukung The Jakmania dan Bobotoh.

“Rekonsiliasi sampai di level akar rumput, khususnya di daerah korwil perbatasan antara suporter Persib dengan Persija. Langkah ini dilakukan sebab kami percaya bahwa [hubungan] teman-teman di elitnya suporter itu [sudah] oke," tambahnya.

Hubungan baik tersebut, kata Arya, terlihat misalnya ketika ketua The Jakmania Dicky Soemarno dan Ketua Viking Tobias Ginanjar melakukan siaran live Instagram bersama.

“Bahkan sebelum pertandingan, Tobias dan Diky live Instagram bersama-sama. Tapi ternyata, di bawah kejadian seperti kemarin. Jadi saya sudah dorong mereka untuk melakukan pertemuan," kata Arya.

Arya juga menegaskan bahwa tujuan PSSI adalah mendamaikan, bukan memupuk dendam. 

Upaya ini dilakukan dengan mendorong Viking, Bomber, dan The Jakmania untuk berdamai dan meredakan ketegangan.

Arya menekankan rekonsiliasi antar fans Persib dengan fans Persija perlu menyentuh akar rumput hingga koordinator wilayah (korwil) di daerah perbatasan Jawa Barat atau Bandung dengan Jakarta.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR