Ratusan Ribu Pekerja Kesehatan Inggris Mogok Kerja Tuntut Kenaikan Gaji

28 Oct 2022 16:10 WIB

thumbnail-article

null

Penulis: Ani Mardatila

Editor: Akbar Wijaya

Unison, serikat pekerja terbesar di Inggris mendukung langkah mogok kerja 350.000 pekerja Health Service (NHS) yang menuntut kenaikan gaji musim dingin tahun ini.

Pekerja kesehatan yang mogok meliputi porter, perawat, penjaga keamanan, paramedis, pembersih, bidan, terapis okupasi, dan staf NHS lainnya.

NHS merupakan layanan kesehatan nasional Inggris yang sensitf politik dan didanai publik. Ini menjadi tantangan tambahan yang mesti dihadapi Perdana Menteri Rishi Sunak di tengah krisis ekonomi.

“NHS kehilangan staf berpengalaman pada tingkat yang mengkhawatirkan. Petugas kesehatan beralih ke pekerjaan yang membayar lebih baik dan tidak membebani mereka serta keluarga mereka,” kata Sekretaris Jenderal Unison, Christina McAnea dalam sebuah pernyataan di laman resminya pada Kamis (27/10/2022).

Unison, yang memiliki lebih dari 1,3 juta anggota menurut situs webnya, menyatakan bahwa masalah paling mendesak bagi Sunak dan Menteri Kesehatannya Steve Barclay yakni “tanpa ragu menemukan solusi untuk banyak masalah yang mempengaruhi NHS.”

Harga Pangan dan Bahan Bakar Naik, Upah Turun

Menurut Christina, mogok adalah pilihan terakhir yang bisa dilakukan petugas kesehatan. Banyak yang merasa semua jalan sudah dicoba dan ini seperti akhir dari segalanya.

"Mereka tidak mampu untuk membeli makan sendiri, mereka akan bekerja dengan perut lapar, mereka akan pulang ke rumah kedinginan di akhir shift panjang mereka." ujar Helga Pile, Wakil Kepala Kesehatan di Unison Kamis (27/10/2022) pada BBC.

Di tengah inflasi yang mencapai lebih dari 10%, ketidakpuasan di antara para pekerja telah berlipat ganda karena penurunan upah tatkala harga makanan dan bahan bakar alami kenaikan.

Dari tukang sampah hingga pengacara, pekerja yang mewakili berbagai sektor di seluruh negeri telah mengundurkan diri dalam rangka protes selama beberapa bulan terakhir.

Mogok Kerja Sektor Pendidikan

Di sektor pendidikan, serikat pekerja guru di Inggris NASUWT mengatakan telah melakukan pemungutan suara kepada sekitar 162.000 pekerja di sekolah dan perguruan tinggi untuk melakukan lagi aksi mogok yang dilakukan pertama kali pada 2011.

"Tidak dapat diterima bahwa para guru dipaksa untuk bekerja lebih lama dan lebih keras dari sebelumnya, tetapi imbalannya semakin berkurang secara nyata," kata Patrick Roach, Sekretaris Jenderal NASUWT pada Kamis (27/10/2022) mengutip dari Reuters.

Dalam pidato pertamanya sebagai perdana menteri pada hari Selasa (25/10/2022), Sunak menyebut "NHS yang lebih kuat" dan "sekolah yang lebih baik" di antara prioritas utamanya.

Tetapi pada saat yang sama memperingatkan bahwa memperbaiki keuangan publik akan memerlukan keputusan yang sulit tentang pengeluaran.

Seorang juru bicara departemen kesehatan pemerintah mengatakan lebih dari satu juta pekerja NHS diberi kenaikan gaji setidaknya 1.400 pound ($ 1.617,98) tahun ini, di samping 3% tahun lalu.

"Kami mendesak mereka untuk hati-hati mempertimbangkan dampak potensial pada pasien," katanya.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER