Rekomendasi 6 Situs Jurnal Nasional dan Internasional, Mahasiswa Wajib Tahu!

22 Agustus 2023 12:08 WIB

Narasi TV

Ilustrasi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Jurnal internasional maupun jurnal nasional sangat bermanfaat bagi para peneliti baik itu dari kalangan mahasiswa maupun dosen bahkan peneliti independen. Kini banyak situs website yang menyediakan akses terhadap jurnal baik nasional maupun internasional.

Dalam dunia akademik, jurnal adalah publikasi ilmiah yang memuat suatu penelitian atau kajian yang telah dilakukan oleh peneliti. Jurnal akademik biasanya akan diterbitkan secara periodik yang bertujuan untuk menyebarkan hasil penelitian tersebut. 

Jurnal ilmiah memiliki proses revisi yang ketat sebelum dipublikasikan. Proses ini dilakukan oleh para editor, reviewer yang ahli di bidangnya. Hal ini penting dilakukan karena jurnal ilmiah dijadikan sumber referensi atau sumber data bagi sebuah penelitian baik penelitian akademik, penelitian organisasi maupun laporan jurnalistik in-depth.

Karena manfaatnya yang begitu besar dan penting, tentu kredibilitas jurnal harus menjadi hal yang penting untuk diperhatikan sebelum dijadikan referensi. 

Untungnya, kini mencari jurnal ilmiah bisa dilakukan dengan mudah melalui gawai kita masing-masing, berikut rekomendasi situs website yang menyediakan jurnal ilmiah dan kredibilitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Situs jurnal nasional dan internasional

Berikut rekomendasi situs jurnal nasional dan internasional yang gratis dan mudah diakses siapa saja:

  • Google Scholar

Google Scholar atau Google Cendekia adalah fitur pencarian karya ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang dibesut oleh google. Pengguna bisa mencari abstrak, tesis, jurnal, buku, opini pengadilan dan lain lain melalui layanan ini. 

Google Scholar juga dapat digunakan sebagai perpustakaan pribadi karena karya ilmiah tersebut dapat disimpan dalam kolom My Library yang tersedia di menu sidebar Google Scholar.

Cara menggunakannya cukup dengan mengetik www.scholar.google.com dan ketik tema penelitian yang dicari.

  • Microsoft Academic 

Seperti pesaingnya, Microsoft juga memiliki fitur untuk mencari jurnal dan karya ilmiah lain dengan nama Microsoft Academic. 

Dengan layanan ini, pengguna bisa mencari jurnal atau karya ilmiah yang diperlukan dengan mesin pencari di situs Microsoft Academic. Situs ini juga menyediakan rekomendasi di salah satu disiplin ilmu, dari top institusi hingga penulisnya. 

Untuk memanfaatkannya bisa langsung mengetik www.academic.microsoft.com di perangkatmu.

  • Directory of Open Access Journal atau DOAJ

Situs ini merupakan direktori akses jurnal yang terbuka dengan berbagai bahasa. Pengguna bisa memilih jurnal dan artikel dari berbagai disiplin ilmu, atau secara spesifik di mesin pencari situs tersebut. 

Koleksi karya ilmiah ini tersedia dalam 80 bahasa, dan memiliki lebih dari 16 ribu jurnal, dan 6,6 juta artikel. Untuk mengaksesnya pengguna bisa mengetik www.doaj.org di browser internet.

  • JSTOR

Laman satu ini sudah cukup melegenda sebagai salah satu tempat para pemburu jurnal internasional. Sejak diinisiasi sebagai perpustakaan digital pada tahun 1995, Jstor menjadi andalan bagi para pemburu jurnal. Tak kurang dari 12 juta jurnal tersedia di laman Jstor. 

Jurnal yang tersedia di Jstor mencakup banyak disiplin ilmu dan telah melalui proses kurasi yang ketat sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk mengaksesnya cukup ketik alamat www.jstor.org di perangkatmu.

  • Perpustakaan Nasional atau Perpusnas

Perpustakaan Nasional tentu menjadi tujuan bagi peneliti untuk mencari referensi. Namun, tahukah kamu bahwa Perpusnas memiliki layanan digital? 

e-Resources Perpusnas memiliki koleksi seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Setiap anggota Perpusnas dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan koleksi jurnal digital ini.

Kamu bisa mengaksesnya melalui https://e-resources.perpusnas.go.id/

  • Garba Rujukan Digital (Garuda)

Garba Rujukan Digital atau Garuda adalah portal pencarian karya ilmiah dan umum karya peneliti Indonesia yang memungkinkan akses e-journal atau e-book.

Portal ini terdapat sebanyak 2.2 juta artikel yang tersedia, 19 ribu jurnal, 40 subjek di berbagai disiplin ilmu. Pengguna bisa langsung melakukan pencarian secara umum di mesin pencari, atau secara spesifik, dengan menggunakan 'Advanced Search'.

Untuk mengaksesnya, kamu bisa menuju https://garuda.kemdikbud.go.id

Itu dia beberapa rekomendasi laman website untuk mencari jurnal ilmiah. Perlu diingat untuk bisa mengakses beberapa laman di atas perlu mendaftar terlebih dahulu seperti layanan JSTOR dan Perpusnas.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR