8 Rekomendasi Film Tema Kemerdekaan, dari yang Lawas hingga Terbaru

15 Agustus 2023 22:08 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan film "Tjoet Nja' Dhien" (1988) dan film "Bumi Manusia" (2019). (Sumber: Netflix)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus menjadi inspirasi bagi banyak sineas untuk membuat film bertema kemerdekaan.

Film merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk mengenang perjuangan pahlawan bangsa dalam melawan penjajah. 

Selain itu, kehadiran film-film bertema kemerdekaan juga bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme rakyat Indonesia dari seluruh generasi dan kalangan.

Untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, berikut ini film-film bertema kemerdekaan yang cocok dijadikan tontonan di tanggal 17 Agustus.

Rekomendasi film lawas tema kemerdekaan 

1. November 1828 (1979)

November 1828 merupakan film garapan Teguh Karya yang berlatar belakang Perang Diponegoro. 

Film ini bercerita tentang Kapitein De Borst, seorang indo hendak membuktikan diri sebagai prajurit hebat dengan menangkap Sentot Prawirodirdjo, otak peperangan Diponegoro. 

2. Lewat Djam Malam (1954)

Salah satu magnum opus sutradara Usmar Ismail ini berkisah tentang mantan pejuang kemerdekaan bernama Iskandar (AN Alcaff) yang mencoba kembali memulai hidup "normal" di masa pasca-perang.

Cita-cita Iskandar sederhana, hanya ingin hidup damai setelah merasakan kerasnya peperangan.

Melalui sudut pandang Iskandar, film ini mengisahkan karut marut negara Indonesia yang baru seumur jagung meraih kemerdekaan.

3. Naga Bonar (1986)

Bagi Anda pecinta film komedi, Naga Bonar bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengisi libur hari kemerdekaan. 

Film karya sutradara M.T. Risyaf ini berkisah tentang Naga Bonar, mantan pencopet yang menjadi komandan sebuah laskar dan berjuang melawan Belanda.

4. Tjoet Nja' Dhien (1988)

Seperti judulnya, film ini menceritakan sosok Tjoet Nja' Dhien, pahlawan perempuan asal Aceh.

Film ini berpusat pada kisah Tjoet Nja' Dhien yang harus menggantikan Teuku Umar sebagai panglima perang setelah suaminya itu tewas tertembak oleh musuh.

Tjoet Nja' Dhien merupakan salah satu film paling sukses di era 80-an dan menjadi film Indonesia pertama yang diputar di Festival Film Cannes. 

Rekomendasi film terbaru tema kemerdekaan

5. Bumi Manusia (2019)

Film Bumi Manusia diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, menceritakan kisah Minke dan Annelies dengan latar pergelutan tanah kolonial di awal abad ke-20. 

Minke yang merupakan pribumi Jawa totok sangat mengagumi pemikiran dan perjuangan ibu Annelies, Nyai Ontosoroh, yang dilihatnya sebagai cerminan modernisasi. 

6. Perburuan (2019)

Perburuan merupakan film berlatar kemerdekaan yang menceritakan perburuan atas bekas tentara Pembela Tanah Air (PETA) bernama Hardo.

Selain mengangkat tema perlawanan, film ini juga bercerita tentang pengkhianatan yang dilakukan oleh orang-orang terdekat Hardo.

7. The East (2020)

The East merupakan film perang Belanda-Indonesia karya Jim Taihuttu, DJ asal Belanda yang memiliki darah Maluku. 

Film yang mengambil latar Revolusi Nasional Indonesia tahun 1946 ini berkisah tentang tentara muda Belanda yang ditugaskan untuk meredam gerakan nasionalisme di Indonesia usai Perang Dunia II.

8. Kadet 1947 (2021)

Kadet 1947 merupakan film bertema kemerdekaan teranyar yang dapat Anda nikmati di hari kemerdekaan. 

Film ini mengisahkan aksi heroik 7 calon perwira dalam mempertahankan pangkalan udara.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR