Rekomendasi 5 Anime Legendaris yang Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu

13 November 2023 15:11 WIB

Narasi TV

Tokoh anime yang manganya dirilis dalam majalah Weekly Shonen Jump. (Sumber: YouTube/Weekly Shonen Jump)

Penulis: Rizal Amril

Editor: Margareth Ratih. F

Sejak era animasi modern dimulai pada 1980-an, anime Jepang menjadi salah satu format animasi yang paling digemari di dunia.

Tak jarang, karakter-karakter ikonik anime Jepang seperti Goku dan Luffy menjadi ikon budaya pop kontemporer.

Kesuksesan anime Jepang dalam pasar dunia tak hanya ditunjukkan dari tingkat penjualan yang besar seperti "Dragon Ball" dan "One Piece", tetapi juga penghargaan dunia internasional atas hasil kerja para sutradara anime.

Hayao Miyazaki, misalnya, salah satu pendiri Studio Ghibli dan produser anime ternama di Negeri Sakura, mendapatkan tiga Piala Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik dalam gelaran tahun 2003, 2006, dan 2014.

Pada 2012, ia menerima Penghargaan Kehormatan dari Academy Awards atas kontribusi atas budaya melalui film animasi yang dibuatnya.

Kini, tak sedikit para animator menjadikan anime Jepang sebagai inspirasi, tak hanya dalam teknik menggambar melainkan pula dari penyutradaraan dan penulisan cerita untuk film animasi.

Rekomendasi anime legendaris yang wajib ditonton

Untuk menyelami lebih dalam perjalanan anime Jepang menembus kepopuleran dunia dan pengakuan yang luas, berikut rekomendasi lima anime legendaris yang wajib ditonton.

1. Dragon Ball

Sulit rasanya tak memasukkan “Dragon Ball” dalam daftar anime legendaris. Anime satu ini merupakan salah satu anime yang berperan penting dalam kepopuleran anime Jepang ke seluruh dunia.

Berkisah tentang Goku, seorang pendekar dari Bumi yang berupaya melindungi bumi dari kehancuran.

Perkembangan karakter Goku dan karakter lain yang kuat menjadi salah satu alasan mengapa Dragon Ball menjadi salah satu anime legendaris.

Dengan jalan cerita yang kompleks, para penggemar anime ini sangat menikmati perjalanan Goku kecil menjadi pendekar dewasa yang disegani.

Pertama kali disiarkan pada 1986, anime yang dibuat berdasarkan manga karya Akira Toriyama ini kini menjelma menjadi salah satu ikon budaya pop dunia.

2. Cowboy Bebop

Serupa dengan “Dragon Ball”, anime “Cowboy Bebop” menjadi salah satu serial yang berjasa dalam mempopulerkan anime Jepang ke dunia.

Anime post-apocalyptic ini berkisah tentang sekelompok pemburu harta (bounty hunter) di masa depan ketika Bumi tak lagi jadi tempat yang pantas untuk ditinggali.

Kelompok yang diisi oleh Spike Spiegel, Jet Black, Faye Valentine, Edward, dan Ein ini terpaksa bekerja sama mencari uang dari menangkap kriminal di dunia yang penuh diskriminasi dan kesenjangan yang tinggi.

Kelima anggota kelompok tersebut memiliki masa lalu yang kelam. Spike, misalnya, merupakan mantan tukang pukul sebuah kelompok kriminal bernama Sindikat Naga Merah. Seakan kebetulan, perjalanan mereka berlima menuntun kelompok tersebut berdamai dengan masa lalunya.

Hingga kini, “Cowboy Bebop” masih dinobatkan sebagai salah satu anime dengan animasi terbaik. Selain disuguhi gambaran dunia pasca-kiamat yang menawan, anime yang pertama dirilis pada 1998 ini juga menyuguhkan lantunan musik blues dan jazz ikonik yang memukau sebagai musik latarnya.

3. Princess Mononoke (1997)

Princess Mononoke merupakan film animasi bikinan salah satu sutradara anime terbaik Jepang, Hayao Miyazaki, di bawah naungan Studio Ghibli.

Dirilis pada 1997, Princess Mononoke menceritakan peliknya konflik keberlangsungan lingkungan hidup antara manusia dan alam.

Anime ini berfokus pada kesatria muda bernama Ashitaka yang hanyut dalam konflik berkepanjangan antara Lady Eboshi dengan Putri Mononoke.

Lady Eboshi merupakan pemimpin Kota Besi yang dikenal dengan teknologi canggih di masanya. Sementara Mononoke merupakan seorang gadis yang sejak kecil dibesarkan oleh kawanan serigala.

Konflik tercipta ketika Eboshi memerlukan banyak sumber daya dari hutan untuk mempertahankan hidup ribuan warga Kota Besi sementara Mononoke melihat eksploitasi Kota Besi atas hutan sebagai tindakan yang keterlaluan.

Anime ini dengan baik menggambarkan bentrokan antara kebutuhan manusia atas sumber daya alam untuk hidup dan kebutuhan manusia sebagai bagian dari ekosistem untuk menjaga alam tetap lestari.

4. Berserk

Jika Anda masih mengira anime hanya sekadar drama animasi untuk anak-anak, “Berserk” barangkali akan mengubah persepsi itu.

Tak seperti kisah-kisah petualangan umumnya dalam anime Jepang, “Berserk” dikenal dan digemari justru karena menampilkan dunia yang gelap dan makna yang dalam.

“Berserk” berkisah tentang Guts, seorang tentara bayaran yang mendedikasikan hidupnya untuk membalaskan dendam atas pengkhianatan orang di sekelilingnya.

Berlatar waktu abad pertengahan di sebuah kerajaan bernama Midland, Guts tumbuh menjadi kesatria penyendiri setelah dididik dari satu kekerasan ke kekerasan lain.

Menjadi korban kekerasan hingga dewasa, Guts mendapatkan makna keluarga ketika Griffith mengajaknya menjadi anggota sindikat yang ia inisiasi.

Namun, Griffith kemudian menjadi orang yang paling dibenci Guts setelah Griffith berkhianat dan mengorbankan orang-orang di sekitar Guts demi meraih kekuatan setan.

5. Nausicaä of the Valley of the Wind

Dalam sejarah umat manusia, perang antarbangsa selalu merenggut nyawa orang-orang tak berdosa. Nausicaä of the Valley of the Wind menggambarkan hal tersebut sebagai sifat dasar manusia.

Film ini merupakan film karya Hayao Miyazaki yang berkisah tentang Nausicaä, putri kerajaan kecil bernama Lembah Angin, yang harus menghadapi ancaman perang melawan Kerajaan Tolmekia.

Dalam film ini, dunia sudah lama hancur karena nuklir. Tanah yang jadi tempat manusia berpijak, telah direbut serangga raksasa hasil mutasi dan tak lagi bisa ditinggali.

Dalam situasi macam itu, Kerajaan Tolmekia berniat mengaktifkan sebuah senjata kuno untuk memusnahkan serangga mutan raksasa yang berkembang biak di daratan.

Akan tetapi, Nausicaä yang mengetahui bahwa kehadiran serangga raksasa sebenarnya merupakan cara alam mengembalikan ekosistemnya, menentang rencana Kerajaan Tolmekia tersebut.

Penolakan Nausicaä atas kebijakan Tolmekia tersebut kemudian membuatnya harus menitikkan air mata ketika melihat orang-orang di sekelilingnya meregang nyawa di tangan prajurit Kerajaan Tolmekia.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR