8 Aplikasi untuk Cari Kerja, Fresh Graduate Harus Tahu

25 Jul 2024 17:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang yang bekerja dengan laptop. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Mencari pekerjaan memang butuh perjuangan. Meski lowongan kerja begitu banyak bertebaran, pada kenyataannya, mendapatkan perhatian rekruter tak semudah membalikkan telapak tangan. 

Untungnya, saat ini sudah banyak aplikasi penyedia informasi lowongan kerja yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari kerja. Kebanyakan aplikasi ini juga ramah fresh graduate yang masih minim pengalaman di dunia profesional. 

Apalagi, ada beberapa aplikasi yang juga menyediakan konsultasi, kelas-kelas, hingga latihan psikotes yang tentunya akan semakin membantu para pencari kerja. 

Langsung saja, simak rekomendasi aplikasi pencari kerja terbaik berikut ini. 

JobStreet

JobStreet merupakan salah satu aplikasi penyedia informasi lowongan kerja terbaik yang digunakan oleh banyak pencari kerja di Indonesia. 

Tak hanya lowongan di Indonesia , perusahaan asal Malaysia ini juga menyediakan informasi pekerjaan di sejumlah negara Asia. 

Glints

Glints merupakan aplikasi pencari kerja asli Indonesia. Selain menyediakan informasi seputar lowongan pekerjaan, Glints juga memiliki kelas-kelas yang untuk meningkatkan skills

Kelebihan Glints antara lain berupa lowongan kerjanya yang bervariasi dan sesuai dengan karier zaman sekarang. 

Kalibrr

Aplikasi pencari kerja selanjutnya yang bisa kamu coba yakni Kalibrr. Layanan ini berbasis di Filipina sehingga ada banyak lowongan pekerjaan dari negara tersebut. 

Meski demikian, Kalibrr juga menawarkan banyak lowongan kerja di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara. Lewat Kalibrr, kamu juga bisa mencari kerja sesuai dengan level. 

Indeed Job Search

Jika kamu ingin berkarier di luar negeri, cobalah untuk mencari lowongan di aplikasi Indeed Job Search. Sebab, aplikasi ini mencakup informasi lowongan pekerjaan dari 60 negara dan 28 bahasa. 

Jenis pekerjaan yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari freelance, part-time, hingga full-time

KitaLulus

Bagi kamu lulusan SMA/SMK, tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam menemukan pekerjaan. Sebab, ada aplikasi KitaLulus yang punya segudang lowongan untuk lulusan SMA/SMK, S-1, hingga lowongan magang. 

Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan fitur latihan psikotes yang bisa dimanfaatkan sembari menunggu panggilan interview

TopKarir

TopKarir merupakan aplikasi pencari kerja yang ramah anak muda dan fresh graduate. Aplikasi ini menyediakan tes minat dan bakat yang bisa membantumu dalam menemukan passion

Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi terkait rencana karier di masa depan melalui fituri TopKarir Klinik.

Freelancer

Seperti namanya, Freelancer merupakan aplikasi yang dikhususkan bagi pekerja lepas. Aplikasi ini berasal dari Australia dengan wilayah operasional di Kanada, Argentina, Inggris, Filipina dan Indonesia. 

LinkedIn

Kamu mungkin sudah familiar dengan aplikasi LinkedIn. Bukan cuma jejaring sosial untuk keperluan profesional, LinkedIn juga punya database lowongan pekerjaan yang bisa kamu manfaatkan. 

Mencari kerja lewat LinkedIn akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya bisa terhubung langsung dengan rekruter dari perusahaan yang diincar. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER