Rekomendasi Aplikasi Mental Health Demi Mental yang Stabil

15 Dec 2022 17:12 WIB

thumbnail-article

Aplikasi untuk Mental Health. Sumber: Unsplash.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Istilah mental health atau kesehatan mental memang sudah familiar bagi sebagian orang. Dilansir dari situs resmi World Health Organization (WHO), kesehatan mental adalah keadaan di mana setiap individu bisa mewujudkan potensi mereka sendiri secara optimal. Dengan kata lain, mereka dapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal, dapat berfungsi secara produktif dan bermanfaat, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitas yang diikuti. Maka tak heran bila saat ini, mental health dinilai sangat penting di kehidupan masyarakat.

Sayangnya bagi sebagian orang, untuk memeriksakan atau mencari bantuan yang berkaitan dengan mental health dirasa masih terlalu mahal. Sehingga masalah dan tekanan yang dihadapi harus disimpan sendiri. Hal tersebut apabila dibiarkan maka akan mengganggu kesehatan mental seseorang. Sebagai solusi dari permasalah tersebut, berikut adalah list beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menjaga mental agar tetap stabil.

  • Riliv

Aplikasi pertama yang dapat digunakan adalah Riliv. Aplikasi ini memfasilitasi penggunanya untuk berkonsultasi masalah pribadinya secara gratis kepada psikolog profesional atau mahasiswa psikologi. Psikolognya sendiri terdiri dari enam psikolog profesional dan 50 mahasiswa psikolog (reliever) yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, serta Universitas Negeri Surabaya.

Mahasiswa yang menjadi relawan dalam aplikasi ini, lebih berfungsi sebagai teman pendengar curhat, bukan pemberi diagnosis. Apabila pengguna ingin mendapatkan jawaban dan saran medis, pengguna  dapat berlangganan fasilitas premium berbayar guna berkonsultasi langsung dengan psikolog atau terapis profesional berlisensi yang terkait di bidangnya.

 

  • SAM

SAM merupakan kependekan dari Self-help Anxiety Management. Aplikasi ini, merupakan hasil kolaborasi tim psikolog dan pakar komputer University of West England yang membantu menciptakan sumber daya kesehatan mental.

 

Selain itu, pada aplikasi ini pengguna dapat merekam tingkat kecemasan mereka dan mengidentifikasi pemicu stres dan kecemasan yang berbeda. Aplikasi ini mencakup 25 pilihan swadaya untuk membantu pengguna mengelola gejala fisik dan mental akibat kecemasan, misalnya teknik pernapasan. Aplikasi ini juga memiliki fitur cloud sosial yang memungkinkan pengguna untuk secara anonim berbagi pengalaman mereka dengan pengguna SAM lainnya.

 

  • Bearable

Aplikasi yang ketiga adalah aplikasi Bearable. Pada aplikasi ini pengguna dapat langsung memilih gejala apa yang menimpa pengguna, sehingga pengguna tidak perlu mengetik gejala yang dialami. Lebih lanjut, nantinya pengguna  akan memperoleh saran obat yang tepat, makanan, dan bagaimana interaksi dengan sesama secara langsung. 

 

  • What’s Up?

Aplikasi What’s Up? Menggabungkan aspek terapi CBT (terapi kognitif) dengan komitmen pengguna. Tujuan dari penggabungan ini sebagai pencipta strategi dalam mengatasi masalah mental health. Misalnya  kecemasan, amarah, stres, hingga depresi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pelacak kebiasaan baik dan buruk, yang dapat rutin diperbarui oleh pengguna. Selain itu, ada panduan tiga teknik pernapasan, guna membantu memperbaiki suasana hati.

 

  • Pacifica

Aplikasi kelima adalah Pacifica. Aplikasi ini menyediakan Anda alat-alat holistik untuk mengatasi gejala depresi dan kecemasan Anda yang didasarkan pada terapi perilaku kognitif (CBT), kesadaran, relaksasi, dan kesejahteraan fisik secara umum. 

 

Seperti yang ada pada fitur Mood Rate, fitur ini akan membuat pengguna memberikan skor suasana hati yang sedang dirasakan. Pacifica juga menyediakan fitur layaknya buku harian pribadi untuk menuangkan segala keluh kesah pengguna.


Demikian informasi mengenai aplikasi mental health yang dapat diunduh dan digunakan agar kesehatan mental pribadi semakin stabil. Kelima aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple Store.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER