Rekomendasi 11 Film Horor untuk Semua Umur, Ramah Ditonton Anak-anak

18 November 2023 06:11 WIB

Narasi TV

Film-film horor untuk semua umur. (Sumber: Istimewa)

Penulis: Rizal Amril

Editor: Margareth Ratih. F

Menonton film, termasuk film horor, merupakan keasyikan yang dapat dinikmati semua umur, dari orang dewasa hingga anak-anak dan remaja.

Kisah-kisah supranatural berbalut misteri atau petualangan dengan balutan efek menakutkan dapat memicu adrenalin dan rasa penasaran.

Oleh karenanya, tak ada salahnya menghabiskan akhir pekan dengan menonton film horor bersama keluarga.

Bagi para orang tua, mengagendakan nonton film horor bersama-sama dengan keluarga juga bisa menjadi pintu masuk untuk mengajari anak-anak menghadapi ketakutan-ketakutan dalam hidup.

Meskipun tak semua film horor baik ditonton oleh anak-anak, namun tak sedikit pula film horor yang ramah bagi anak-anak.

Rekomendasi 11 film horor untuk semua umur

Berikut ini merupakan rekomendasi film-film horor yang ramah ditonton semua umur untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

1. Coco (2017)

Poster film "Coco" (2017). (Sumber: Disney+)

Mengisahkan tentang perjalanan Coco berkenalan dengan kakek buyutnya di dunia arwah, Coco tak hanya memadukan unsur-unsur horor dan musikal, tetapi juga menghadirkan renungan atas keluarga dan budaya yang melingkupinya.

Secara visual, film Disney-Pixar satu ini dapat membangkitkan fantasi dan imajinasi dengan dunia kaya warna dan karakter-karakternya yang menarik.

Musik-musik latar yang memesona juga dapat mengajak anak-anak ikut bernyanyi.

2. Spirited Away (2001)

Poster film "Spirited Away" (2001). (Sumber: Netflix)

Film yang diproduksi oleh Studio Ghibli yang ternama ini merupaka film peraih Piala Oscar tahun 2003.

Berkisah tentang petualangan seorang gadis bernama Cihiro yang harus berjuang mengembalikan orang tuanya di dunia arwah, film animasi buatan sutradara Hayao Miyazaki ini dapat membangkitkan rasa penasaran dan (barangkali) kengerian dengan penampilan karakter-karakter uniknya.

Meskipun disuguhkan dengan berbagai bentuk makhluk supranatural yang datang silih berganti, film ini dapat menjadi inspirasi anak-anak untuk menghadapi ketakutan dengan gagah berani.

Akan tetapi, film ini tak hanya memukau untuk anak-anak, melainkan untuk semua usia termasuk para orang tua.

3. Ghostbusters (1984)

Salah satu poster film "Ghostbusters" (1984). (Sumber: Apple TV)

Berkisah tentang sekelompok orang dewasa yang bekerja sebagai pengusir setan, film ini menyeguhkan aksi dan petualangan yang seru untuk dinikmati semua anggota keluarga.

Meskipun film ini menyajikan cerita tentang hantu, namun penggambaran hantu di dalamnya tak mengandung kengerian yang berlebihan.

Selain itu, film ini juga disajikan dengan komedi yang dapat ditangkap oleh anak-anak dan membuat mereka tertawa.

4. Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit (2005)

Salah satu adegan "Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit" (2005). (Sumber: Apple TV)

Film ini mengisahkan perjalanan Wallace dan anjingnya bernama Gromit untuk mengurai misteri kegagalan panen di desa yang bernuansa horor.

Gosip dan dugaan yang muncul, kebun-kebun warga telah dikutuk oleh sesosok makhluk jahat.

Tak hanya diproduksi dengan format yang cocok untuk dinikmati anak-anak, film animasi stop-motion satu ini juga menghadirkan humor yang bisa membuat Anda tertawa bersama keluarga.

5. The Nightmare Before Christmas (1993)

Salah satu adegan film "The Nightmare Before Christmas" (1993). (Sumber: Disney+)

Masih diproduksi dengan metode stop-motion, film The Nightmare Before Christmas akan mengajak anak-anak melihat petualangan magis nan unik yang membuat penasaran sekaligus menyenangkan.

Nuansa gothic khas film Tim Burton dalam film ini akan menyuguhkan kengerian sekaligus keindahan sekaligus.

Film ini berkisah tentang makhluk-makhluk di Halloween Town, sebuah kota fantasi yang ditinggali para monster.

Sebagaimana namanya, para makhluk yang tinggal di kota tersebut terdiri dari makhluk-makhluk yang lekat dengan perayaan Halloween.

Akan tetapi, kedamaian di kota para monster tersebut berubah ketika pemimpin Halloween Town, Jack Skellinton, monster kerangka manusia, terobsesi pada perayaan natal dan berniat menculik Santa Claus untuk dibawa ke kotanya.

6. Coraline (2009)

Salah satu poster film "Coraline" (2009). (Sumber: Prime Video)

Bagi anak-anak, rumah baru bisa jadi mimpi buruk yang jadi nyata. Menyebut sebuah tempat baru sebagai rumah bisa jadi pengalaman yang tak menyenangkan.

Coraline membawa kisah tersebut sebagai tulang punggung cerita.

Berkisah tentang seorang gadis bernama Coraline yang harus beradaptasi di rumah baru yang misterius, film ini menyuguhkan petualangan unik yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Kedua orang tua Coraline yang sibuk bekerja membuatnya sulit beradaptasi dengan rumah barunya. Hingga sekali waktu ia menemukan pintu misterius yang akan membawanya ke dunia paralel.

7. ParaNorman (2012)

Salah satu poster film "ParaNorman" (2012). (Sumber: Prime Video)

ParaNorman dapat menjadi pintu masuk yang apik untuk memperkenalkan anak-anak dengan film horor. 

Film yang diproduksi oleh studio Focus Features ini akan menyuguhkan pengalaman unik dengan perpaduan komedi, aksi, dan misteri menyeramkan yang menghibur (dan menakuti) anak-anak dan orang dewasa.

Film animasi ini berkisah tentang serangan zombi ke sebuah kota bernama Blithe Hollow.

Di tengah ancaman menakutkan tersebut, hanya Norman Babcock, seorang anak berusia 11 tahun yang tak dipercayai hampir setiap orang di kota, yang memiliki kekuatan untuk mencegah kehancuran melanda kota.

Norman merupakan anak yang dianggap aneh karena sering mengaku dapat bicara dengan orang-orang yang sudah mati. Namun, harapan muncul ketika Norman ternyata mengatakan kebenaran.

8. Scooby-Doo on Zombie Island (1998)

Salah satu poster "Scooby-Doo on Zombie Island" (1998). (Sumber: Prime Video)

Kisah kelompok empat anak muda dan seekor anjingnya yang sangat populer satu ini merupakan film berikutnya yang dapat digunakan untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Dalam seri film yang dirilis pada 1998 ini, Scooby-Doo dan keempat karibnya harus memecahkan misteri teror para zombi bajak laut di sebuah pulau terpencil yang menakutkan.

Sepanjang film ini, para penonton tak hanya disuguhi tingkah konyol duo penakut Scooby-Doo dan Shaggy Rogers, tetapi juga misteri menakutkan yang tak mudah dipecahkan.

9. Hocus Pocus (1993)

Salah satu poster film "Hocus Pocus" (1993). (Sumber: Prime Video)

Berkat permainan "siapa yang paling berani di antara kita" yang dimainkan sekelompok anak-anak, sebuah kutukan berusia ratusan tahun aktif dan membuat tiga penyihir jahat dari 300 tahun yang lalu bangkit kembali dari kematian.

Tiga penyihir tersebut kemudian menebar teror ke penjuru kota dan hanya ada satu hal yang dapat melawannya, yakni seekor kucing dan anak-anak yang membuat kutukan tersebut terbuka.

Meskipun jalan cerita film satu ini terkesan terlalu menakutkan untuk dinikmati anak-anak, akan tetapi film ini justru menghadirkan petualangan mendebarkan berbalut komedi yang cocok dinikmati bersama keluarga.

Ketimbang menyebut penyihir sebagai sosok yang menakutkan macam cerita-cerita horor dewasa, tiga penyihir dalam film ini justru banyak membuat suasana mengundang tawa.

Tak hanya itu, film ini juga menawarkan kisah persahabatan dan kerja sama di antara anak-anak untuk menjadi penyelamat orang-orang terdekat mereka.

10. Tim Burton's Corpse Bride (2005)

Salah satu poster film "Tim Burton's Corpse Bride" (2005). (Sumber: Apple TV)

Berlatar sebuah desa terpencil di Inggris era Ratu Victoria, film ini berkisah tentang seorang pria bernama Victor van Dort yang terpaksa menikahi hantu perempuan bernama Emily.

Hal tersebut terjadi ketika Victor tengah melatih janji suci pernikahan di sebuah hutan karena pernikahannya yang telah ditentukan akan segera berlangsung.

Ketika ia selesai merapalkan janji suci dan memasangkan cincin di sebuah akar pohon yang menjulang, Victor terkejut ketika mengetahui cincinnya telah terpasang di jari sesosok hantu perempuan.

Pernikahan tersebut kemudian membawa Victor ke dunia orang-orang yang sudah mati. Konflik bermula ketika Victor, yang jadi satu-satunya makhluk yang belum mati di dunia tersebut, mau tak mau harus kembali ke dunianya. 

11. Wendell & Wild (2022)

Salah satu poster film "Wendell & Wild" (2022). (Sumber: Netflix)

Film ini berkisah tentang dua iblis licik yang membuat kesepakatan dengan seorang anak gadis pecinta musik punk-rock bernama Kat.

Kat yang ditinggal oleh orang tuanya dalam sebuah tragedi yang mengenaskan, harus berhadapan dengan iblis bernama Wendell dan Will dari dunia bawah.

Kedua iblis licik tersebut berjanji akan menghidupkan kedua orang tua Kat jika mau melakukan perintah mereka.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR