Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, Inovasi Gamelan yang Dapat Bermain 24 Jam Nonstop

17 Maret 2023 10:45

Narasi TV

Robot Gamelan Sekar Nuswantoro Udinus Semarang saat tampil dalam wisuda ke-77 kampus tersebut di Semarang, Rabu (15/3/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Universitas Dian Nuswantoro baru saja launching inovasi robot gamelan bernama Robot Gamelan Sekar Nuswantoro dalam acara wisuda ke-77 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Acara tersebut dilaksanakan pada Rabu, 15 Maret 2023 di Hotel Patra Jasa, Semarang.

Gamelan ini diklaim mampu bermain selama 24 jam tanpa henti. Bentuknya pun cukup unik yaitu menyerupai bunga matahari. Meski begitu, gamelan ini bukan berarti menggantikan gamelan aslinya.

“Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, memiliki tujuan utama untuk menyambut tamu dan juga agar masyarakat mudah mendengarkan suara gamelan di mana saja,” jelas Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom dalam Humas Udinus.

Pemberian nama “Sekar Nuswantoro” bukan tanpa alasan. Nama tersebut merupakan singkatan dari Sayekti Endah Kagem Agunging Rakyat Nuswantoro.

Robot Gamelan ini telah mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan ditargetkan akan mendapat kurang lebih 20 HKI.

Cara kerja robot gamelan Sekar Nuswantoro

Robot Gamelan Sekar Nuswantoro memanfaatkan teknologi Arduino dan Solenoid. Keduanya membuat robot gamelan ini bisa memainkan musik yang diputar melalui perangkat software.

Solenoid adalah mesin penggerak yang menggerakkan alat tabuh. Nantinya, Solenoid bergerak sesuai notasi musik yang dibaca oleh software. Mekanismenya diatur oleh kecerdasan buatan dalam robot tersebut dengan cara naik dan turun.

Selain itu, ada enam instrumen yang terpasang pada Robot Gamelan Sekar Nuswantoro. Instrumen tersebut diantaranya demung, saron, slenthem, peking, kenong, dan gong. Keenam instrumen ini didesain sedemikian rupa agar memiliki konstruksi yang futuristik dan artistik.

Engineer team Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, Dr. Arry Maulana Syarif S.S, M.Kom mengungkapkan bahwa tangkai gamelan bisa dirakit manual sesuai kebutuhan. Hal ini karena gamelan didesain model knockdown guna mempermudah mobilitas inovasi.

“Jika gamelan Sekar ingin dimainkan versi gamelan slendro, maka instrumen gamelan pelog yang berada di tangkai-tangkai bisa dilepas terlebih dahulu.”jelasnya dalam Humas Udinus.

Robot ini juga memiliki tiga model berbeda berdasar jenis pemukulnya. Pada model pertama, bola kecil akan bergerak vertikal. Pada model kedua, pemukul didesain lebih kecil dengan gerak vertikal. Pada model ketiga, pemukul sudah menggunakan per dan tuas untuk mendorong lebih keras sehingga memunculkan suara lebih lantang.

Melalui inovasi Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, rektor Udinus berharap agar inovasi tersebut bisa menjadi sarana bagi masyarakat mengenal budaya Jawa. 

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Event
Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Pada Event-mu!

Di balik perencanaan dan pelaksanaan event ada berbagai cerita menarik, seperti proses kreatif, event management dan budgeting plan. Yuk, kita cari tahu lebih banyak!

Kelas Online
Art & Design
Gali Potensi Diri, Pelajari Ilustrasi Komik Strip

Salah satu karya seni ilustrasi yang berpengaruh adalah komik. Mudah dipahami, banyak peminatnya, dan berpotensi baik di industri. Yuk, gali potensi dan siapkan dirimu menjadi seorang komikus dengan ikut kelas ini!

Kelas Online
Social Media
Jadi Brand Pionir Lewat Strategi Media Sosial & Content Marketing!

Enggak hanya akses informasi dan hiburan, sekarang, sosial media bisa kamu maksimalkan untuk branding lewat strategi media sosial & content marketing. Kuasai tekniknya di sini ya!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Art & Design
Dari Motion Sampai Animasi, Semakin Cuan Di Masa Depan

Di zaman yang serba digital dan era NFT yang semakin populer, terbuka kesempatan yang semakin besar untuk kamu meraup cuan dari karya yang kamu punya, seperti motion & animasi. Di kelas ini kamu akan memahami proses pembuatan sampai komersialisasi karya motion & animasi.

Kelas Online
Event
KEREN: Kelas Event Creative Narasi Academy

Kamu sudah sering datang dan menikmati pertunjukan di sebuah event? Tapi, pernah enggak sih, kepo dengan proses kreatif dan persiapan teknis di satu event? Yuk, cari tahu di sini!

Kelas Online
Social Media
Brand Identity: Bikin Konten Media Sosial Konsisten

Sebagai pengguna media sosial, kebanyakan dari kita akan sangat senang jika mendapat informasi atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Pesan-pesan konten di akun-akun media sosial serasa dekat dan seolah sedang berbicara dengan kita sebagai teman. Inilah yang dinamakan memanusiakan akun media sosial. Di kelas ini, kamu akan mendapat ilmu bagaimana memanusiakan media sosial seperti membangun kehadiran dan identitas lewat branding.

Kelas Online
Content Production
Meramu Video Estetik Dengan Teknik Storytelling, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah salah satu calon content creator professional di masa depan. Apalagi, sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Karena itu, kunci utamanya adalah belajar di kelas ini untuk menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience-mu.

Kelas Online
Journalism
Memahami Reportase Sampai Investigasi: Sajikan Fakta & Data

Kamu selalu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Salah satunya adalah dengan menjadi citizen journalism. Berita yang kredibel, informatif dan mendalam bisa dengan mudah untuk kamu sajikan ke publik! Di sini kamu harus memperhatikan pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat agar tidak terjadi mispresepsi terhadap masyarakat. Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif. Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta mengkurasi berita dengan menyajikan fakta dan data dengan metode storytelling.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya