Satu Nama Cawapres Masuk Kantong Anies Baswedan untuk Pemilu 2024

6 Jun 2023 16:06 WIB

thumbnail-article

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). ANTARA FOTO/Reno Esnir/pras.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Partai Nasdem sebut telah mengirim nama cawapres ke Anies Baswedan. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari.

"Pokoknya yang jelas begini, kita sudah sampaikan satu nama ke Pak Anies," kata Taufik Basari dinukil dari Kompas.com, Senin (05/06/2023).

Anies Baswedan sendiri merupakan bakal calon presiden (capres) yang diusung langsung oleh KPP (Koalisi Perubahan untuk Persatuan). Hingga kini, ia diusung oleh tiga partai, yaitu Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Terkait keputusan siapakah sosok yang akan menjadi cawapres, Taufik menyebut bahwa hal tersebut sepenuhnya ada di tangan Anies Baswedan, termasuk kapan akan diumumkan nama yang akan mendampinginya pada waktu Pemilu 2024 mendatang.

"Jadi sekarang semuanya sudah diserahkan kepada Pak Anies. Jadi kita sudah tidak pegang bola lagi, bolanya ada di Pak Anies," tutur dia.

Saat ditanya terkait siapa nama calon yang telah ia serahkan ke Anies, Taufik enggan membocorkannya, kewenangan sepenuhnya ada di tangan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Pokoknya kita serahkan ke pak Anies, terserah dia mau seperti apa penjelasannya, gitu. Iya (satu nama itu dari tim kecil)," ungkapnya tegas.

Di sisi lain, menurut Taufik, pengumuman terkait siapa yang akan mendampingi Anies harus melihat dinamika politik yang perubahannya cukup dinamis akhir-akhir ini.

 "Kita dinamis saja. Namanya politik kan bisa tiba-tiba ada sesuatu hal yang harus segera, (atau) bisa saja jadi mundur. Kayak gitu kan dinamis lah, enggak bisa dipatok harus gini," ucap dia.

Anies sendiri pada sebelumnya telah mengutarakan bahwa dirinya telah mengantongi satu nama calon yang akan menjadi pasangannya pada kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Namun ia mengaku sebelum mendeklarasikan cawapres yang akan mendampinginya harus melalui serangkaian proses terlebih dahulu.

Sejauh ini, kedekatannya dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kerap menimbulkan asumsi publik bahwa putra Presiden RI ke-6 tersebut akan menjadi mendampingi Anies sebagai cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Demikian informasi seputar calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan pada kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER