Mengenal Freedom of Information Day yang Dirayakan Setiap 16 Maret

16 Maret 2023 13:03 WIB

Narasi TV

Salah satu poster peringatan hari kebebasan informasi. Sumber: dreamstime.com.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Tanggal 16 Maret diperingati sebagai Hari Kebebasan Informasi atau Freedom of Information Day. Hari tersebut umumnya dirayakan di Amerika Serikat sebagai pengingat bahwa setiap warga di Amerika Serikat memiliki hak memperoleh berbagai informasi.

Pemilihan tanggal tersebut bukan tanpa alasan. Tanggal 16 Maret adalah hari lahirnya James Madison Jr., Presiden Amerika Serikat keempat sekaligus Bapak Konstitusi Amerika Serikat.

James Madison adalah pendukung kebebasan data dan hak mendapat informasi di Amerika Serikat. Ia bahkan membuat Undang-Undang Hak Asasi atau bill of rights di Amerika Serikat.

Hari Kebebasan Informasi juga menjadi pengingat bagi pemerintah Amerika Serikat agar mengedepankan transparansi kepada publik karena mereka juga memiliki hak untuk mendapat informasi. Dengan begitu, iklim demokrasi menjadi lebih kuat.

Perjalanan hari kebebasan informasi

Berawal dari tahun 1766 di mana Undang-Undang Keterbukaan Informasi diterapkan di Swedia. Selanjutnya pada tahun 1789, Perancis menerapkan kebebasan informasi tersebut melalui Deklarasi Hak Asasi Manusia di Perancis.

Amerika Serikat justru baru menerapkan kebebasan informasi pada tahun 1966 dengan diberlakukannya Undang-Undang Kebebasan Informasi. 

Lambatnya penerapan kebebasan informasi di Amerika Serikat disebabkan oleh Presiden Johnson yang tidak menyetujui rancangan undang-undang mengenai kebebasan informasi. Ia hanya menandatangani RUU menjadi undang-undang, namun tidak mendukungnya.

Kemudian pada tahun 1982, banyak negara mulai mengadopsi kebebasan informasi dan menerapkannya ke dalam Undang-Undang Kebebasan Informasi.

Untuk memperingati Freedom of Information Day, American Library Association atau ALA memberikan James Madison Awards dan Eileen Cooke State kepada individu atau kelompok yang sudah memperjuangkan, melindungi, dan mempromosikan akses publik terhadap informasi pemerintah dan hak publik untuk mengetahui.

Pentingnya hak kebebasan informasi

Freedom of information tentu penting untuk kita perjuangkan, mengingat bahwa sebagai masyarakat pun memiliki hak untuk mengetahui informasi dari pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan transparansi kepada publik.

Berikut pentingnya kebebasan informasi dalam kehidupan kita:

  • Merupakan hak demokrasi

Hak atas informasi adalah hak warga negara yang demokratis.

  • Menunjukkan tanggung jawab pemerintah

Dengan adanya kebebasan informasi, publik bisa meminta pertanggungjawaban pemerintah.

  • Menyadarkan publik dalam mengambil keputusan

Adanya informasi juga membuat publik sadar dalam mengambil keputusan yang berpihak pada seluruh warga negara dan bangsa.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR