Setelah Malaysia, Kopi Kenangan Lanjut Go International di Singapura

29 September 2023 14:09 WIB

Narasi TV

Launching gerai Kopi Kenangan yang dihadiri oleh Chin Hou Goh selaku co-CEO of Kopi Kenangan, James Prananto selaku Co-CEO of Kopi Kenangan and co Founder, Suryopratomo selaku Dubes Indonesia untuk Singapura, Ni Made Ayu Marthini selaku Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, Edward Tirtanata selaku Group CEO of Kenangan Brands, serta Jordan Lung selaku General Manager of Kenangan Coffee di Malaysia dan Singapura. di Raffles City, Singapura pada Selasa (26/9/2023). Foto: Irpan Ripandi/Narasi

Penulis: Irpan Ripandi

Editor: Rizal Amril

Setelah berhasil membuka 20 gerai di Malaysia sedari tahun 2022, kini Kopi Kenangan lanjut go internasional dengan meresmikan gerainya di Singapura. Gerai Kopi Kenangan bisa kamu temui di Raffles City dan Terminal 2 Changi Airport.

Perbedaan Kopi Kenangan yang ada di Indonesia dengan Malaysia dan Singapura ada pada branding dan perihal rasanya. 

"Kalau di Indonesia, Kopi Kenangan. Kalau di sini (Singapura) Kenangan Coffee," kata Edward Tirtanata, Group CEO of Kopi Kenangan Brands, pada Selasa (26/9/2023) di Raffles City, Singapura.

Nama Kenangan Coffee digunakan agar branding lebih fleksibel untuk pasar internasional, sementara itu kata "Kenangan" tetap dipertahankan sebagai identitas kopi asal Indonesia.

Gerai Kopi Kenangan di Raffles City, Singapura. Foto: Irpan Ripandi/Narasi

Edward berharap pembukaan gerai di Singapura bisa memperluas langkah Kopi Kenangan dan jenis kopi Indonesia untuk lebih go international di negara-negara lainnya. 

“Kopi Indonesia punya banyak jenis [kopi] dari Sidikalang, Kintamani, Bali, Jawa Barat, dan kami percaya our passion menyebar tidak hanya di Indonesia, tetapi juga mendunia,” kata Edward.

Salah satu jejeran kopi khas Indonesia. Foto: Irpan Ripandi/Narasi

Selain itu, gerai di Singapura terasa lebih fun dengan warna dominan putih dan merah, serta teks minimalis.

"Jadi memang sedikit lebih fun. Mungkin kalau Kopi Kenangan awalnya banyak tentang mantan dan patah hati. Kalau di sini mungkin sesuatu yang lebih fun dan younger," tambah Edward.

Gerak Kopi Kenangan di Changi Airport, Singapura. Foto: Irpan Ripandi/Narasi

Untuk urusan rasa, Kopi Kenangan di Singapura sedikit lebih pahit dengan menyesuaikan lidah pecinta kopi di negara Singa tersebut. Menu andalannya adalah Kenangan Latte, Creamy Latte, Salted Caramel Macchiato, dan Mocha. Kenangan Latte sendiri merupakan Kopi Kenangan Mantan versi Singapura.

Jordan Lung, General Manager of Kenangan Coffee di Malaysia dan Singapura menjelaskan bahwa rasa Kopi Kenangan di Malaysia dan Singapura unik dibanding kompetitor yang lainnya.

"Gula aren yang kami gunakan sesuatu yang unik dibandingkan brand lain, mengangkat rasa ke level yang lain" ucap Jordan Lung.

Menu-menu Kopi Kenangan di gerai Singapura. Foto: Irpan Ripandi/Narasi

Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, mengatakan bahwa pembukaan gerai Kopi Kenangan di Singapura merupakan langkah positif bagi promosi brand Indonesia di kancah internasional.

"Kami senang sekali berada di sini. Jadi kalau dengan brand kan artinya bahan bakunya dari kita. Bisa promosi gula aren dan itu yang inginkan. Ini adalah salah satu dari program ISOTW, Indonesia Spice Up the World," tutur Ni Made Ayu Marthini, yang turut hadir dalam launching gerai di di Raffles City, Singapura pada Selasa (26/9/2023).

Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, dalam launching gerai Kopi Kenangan di Raffles City, Singapura.

Liputan ini dibiayai oleh Kopi Kenangan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR