Shin Tae-yong Percayakan Kursi Pelatih Timnas Indonesia ke Choi In Cheol

31 Agustus 2023 20:08 WIB

Narasi TV

Foto arsip - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberikan keterangan usai memimpin latihan persiapan skuadnya menuju SEA Games 2021 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/2). Latihan itu akan berlangsung sampai 28 Februari 2021. (ANTARA/Michael Siahaan)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Shin Tae Yong telah meminta Choi In Cheol, asisten utamanya, untuk mengawal pertandingan Timnas Indonesia senior menghadapi Turkmenistan dalam FIFA Matchday pada 8 September.

Keputusan ini diambil karena Shin Tae Yong akan memberikan perhatian khusus pada persiapan Timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

September 2023 menjadi bulan yang sibuk bagi Shin Tae Yong sebagai pelatih untuk Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-23. Kedua tim ini akan bersama-sama menghadapi pertandingan penting.

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Turkmenistan pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 8 September, menjadi pertandingan penting lantaran berupaya meningkatkan peringkat FIFA Indonesia.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-23 akan bertarung dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Solo mulai 6 September. 

Targetnya adalah meraih hasil terbaik untuk pertama kalinya mencapai putaran final Piala Asia U-23.

Periode pemusatan latihan (TC) untuk Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-23 akan diadakan bersamaan, dimulai pada Senin, 4 September. 

TC Timnas Indonesia diadakan di Surabaya, sementara TC Timnas Indonesia U-23 akan berlangsung di Solo.

Shin Tae Yong mengakui bahwa tanggung jawabnya terhadap kedua tim ini sangat berat. Karena itu, ia telah memutuskan bahwa Choi In Cheol, asisten utamanya, akan memimpin Timnas Indonesia senior melawan Turkmenistan.

Sementara itu, fokus Shin Tae Yong akan tertuju pada persiapan Timnas Indonesia U-23 menjelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengaku jika dirinya kewalahan, justru itu keputusan menunjuk asistennya, Choi, untuk menjadi karateker saat Timnas Indonesia vs Turkmenistan sudah menjadi keputusan yang tepat.

"Memang saya agak ribet juga, untuk timnas senior pelatih Choi yang asisten pelatih utama kita (yang akan menangani tim). Jadi dia tahu apa yang saya mau untuk taktik dan lain-lain, jadi dia akan tanggung jawab atas timnas senior. Dan saya akan lebih fokus pada timnas U-23," ujar Shin Tae Yong usai menyaksikan laga Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan U-17 di Bekasi, Rabu (30/082023).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR