Kegunaan Sholat Istikharah Menurut Islam dan Isyarat Tentangnya dalam Al-Qur’an

28 Jun 2024 17:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim mengamalkan salat istikharah. (Sumber: Pexels/Alena Darmel)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Pernahkah kamu dihadapkan pada dua pilihan yang sulit ditentukan karena ragu akan opsi mana yang terbaik? Situasi tersebut sering terjadi dalam hidup dan Islam mengajarkan umatnya untuk melakukan salat istikharah untuk mencari jawabannya.

Salat istikharah adalah ibadah sunah yang khusus sebagai cara yang dianjurkan untuk meminta bantuan Allah Swt. dalam memilih sesuatu yang sulit dalam hidup.

Pelaksanaan salat ini disyariatkan dapat dilakukan kapanpun, namun baiknya dikerjakan pada malam hari, pada sepertiga malam. Hal tersebut dikarenakan sepertiga malam adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa dalam ajaran Islam.

Lantas, apa itu salat istikharah dan mengapa ibadah ini dapat menjadi cara mencari jawaban atas pilihan hidup yang sulit diputuskan?

Kegunaan sholat istikharah

Mengutip dari laman NU Online, salat istikharah adalah salat sunah yang dikerjakan oleh umat Islam saat dihadapkan pada sebuah masalah atau kebingungan yang mengharuskan memilih satu perkara dari dua pilihan atau lebih.

Dengan mengamalkan salat sunah tersebut diharapkan dapat diberikan petunjuk oleh Allah Swt. mana yang terbaik dari dua pilihan yang sedang dihadapi.

Dasar anjuran salat istikharah, sebagaimana dikutip Imam an-Nawawi dalam Al-Adzkar, adalah sebuah hadis riwayat Imam al-Bukhari. Dalam hadis tersebut, Jabir bin Abdillah berkata:  

 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاسْتِخَارَةَ فِي الأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ 

Artinya, “Rasulullah saw. mengajari kami (para sahabat) untuk salat istikharah ketika menghadapi setiap persoalan, sebagaimana beliau mengajari kami semua surat dari Al-Qur’an. Beliau bersabda, ‘Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah salat sunah dua rakaat ...”’ (HR Imam al-Bukhari). (An-Nawawi, al-Azdkar, 1997: 137).

Dari penjelasan di atas, maka kegunaan salat istikharah adalah sebagai cara memohon petunjuk atas segala persoalan hidup yang membutuhkan respons kita.

Persoalan tersebut bisa jadi apa saja, seperti menentukan sekolah tempat menimba ilmu, memilih jalan karier yang hendak digapai, ataupun memantapkan pilihan atas jodoh yang diharapkan.

Cara tahu hasil istikharah

Setelah menjalankan salat sunah istikharah, seorang muslim akan mendapat petunjuk dari Allah. Petunjuk tersebut akan diberikan di tengah kebingungan yang melanda.

Petunjuk tersebut dapat berupa apa saja karena kekuasaan Allah Swt. memungkinkan-Nya memberikan petunjuk lewat apa saja.

Petunjuk tersebut dapat berupa kecenderungan untuk lebih memilih atau lebih mantap pada satu pilihan. Terkadang, petunjuk juga bisa melalui mimpi.

Selain itu, petunjuk dari Allah Swt. juga dapat diberikan lewat perantara orang lain, seperti orang tua.

Dalam konsep istikharah, jika apa yang hendak kita lakukan baik menurut Allah Swt., maka Allah akan memudahkan jalannya dan memiliki dampak baik.

Namun sebaliknya, jika hal itu tidak baik menurut Allah, maka Allah akan memberikan kita jalan lain. 

Sebagai contoh, ketika kita ingin menikah dengan seseorang pilihan kita sedangkan kita memiliki sedikit keraguan atasnya, maka Allah akan memberikan petunjuk sesuai apa yang baik untuk kita.

Jika menurut Allah orang pilihan kita adalah baik, maka Allah akan mempermudah jalan kita untuk menikahinya. Pun sebaliknya, jika orang tersebut dinilai tidak baik menurut Allah, maka akan ada jalan baik dari Allah yang akan menunjukan bahwa ada yang lebih baik dari pilihan kita.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER