Sinopsis Film Badarawuhi: Menelisik Asal Usul Sosok Paling Ditakuti di Desa Penari

4 April 2024 19:04 WIB

Narasi TV

Poster film Badarawuhi di Desa Penari (2024). (Sumber: Instagram/kknmovie)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Film Badarawuhi di Desa Penari merupakan film spin-off dari film Indonesia terlaris sepanjang masa, KKN di Desa Penari (2022).

Masih bertempat di Desa Penari, film terbaru sutradara Kimo Stamboel ini akan mengupas kisah asal-usul sosok Badarawuhi, entitas paling mengerikan dalam jagad Desa Penari.

Dalam film horor ini, aktor Aulia Sarah masih dipercaya memerankan sosok Badarawuhi yang setelah sukses memainkan peran tersebut dalam film sebelumnya. 

Film garapan sutradara Kimo Stamboel ini menjadi salah satu film horor Indonesia terbaru yang dijadwalkan tayang pada 11 April 2024 di seluruh bioskop Indonesia.

Fakta film Badarawuhi di Desa Penari

Sama dengan film KKN di Desa Penari, kisah prekuel dalam Badarawuhi di Desa Penari ditulis oleh penulis skenario Laila “Lele” Nurazizah.

Sebelum diberi judul Badarawuhi di Desa Penari, film ini sempat bernama KKN di Desa Penari 2.

MD Pictures, sebagai rumah produksi film ini, tak main-main mengerjakan Badarawuhi di Desa Penari dengan menjadikannya film dengan biaya produksi termahal yang pernah dikerjakan rumah produksi tersebut.

Film Badarawuhi di Desa Penari tidak hanya tayang di layar sinema Indonesia namun juga secara global setelah MD Pictures bekerja sama dengan Lionsgate sebagai distributor.

Trailer film Badarawuhi di Desa Penari telah dirilis pihak MD Pictures pada Rabu, 6 Maret 2024 lalu.

Daftar pemain film Badarawuhi di Desa Penari

Berikut deretan aktor pemeran film Badarawuhi di Desa Penari yang akan dirilis pada momen Lebaran 2024:

  • Aulia Sarah sebagai Badarawuhi,
  • Maudy Effrosina sebagai Mila,
  • Jourdy Pranata sebagai Yuda,
  • Claresta Taufan sebagai Ratih,
  • Moh. Iqbal Sulaiman sebagai Jito,
  • Ardit Erwandha sebagai Arya,
  • Diding Boneng sebagai Mbah Buyut,
  • Aming Sugandhi sebagai Mbah Buyut Muda,
  • Dinda Kanya Dewi sebagai Jiyanti,
  • Bimasena sebagai Prabu.

Sinopsis film Badarawuhi di Desa Penari

Seperti yang disebutkan sebelumnya, film Badarawuhi di Desa Penari mengungkap asal usul Badarawuhi yang merupakan sosok paling ditakuti di desa misterius di Pulau Jawa tersebut.

Sosok Badarawuhi yang selalu mencari korban dengan menjadikan orang sebagai penerusnya dari waktu ke waktu tersebut digambarkan telah ada sejak dulu.

Jauh sebelum menjadikan rombongan mahasiswa KKN sebagai korbannya, Badarawuhi terlebih dulu bertemu dengan Mila (Maudy Effrosina), seorang anak yang sedang kesulitan merawat ibunya yang sakit keras.

Dalam kekalutan dan ketakutannya akan kepergian sang ibu, ia pun memutuskan untuk pergi ke dukun, mengingat pengobatan medis yang dilakukan sudah tidak bisa menyembuhkan.

Dukun tersebut kemudian memberikan satu petunjuk untuk menyembuhkan sang ibu. Ia meminta Mila untuk mengembalikan sebuah gelang penari bernama Kawaturih ke sebuah desa di timur Pulau Jawa. 

Demi kesembuhan sang ibu, Mila kemudian pergi ke desa yang dijelaskan oleh sang dukun. Tak sendirian, Mila ditemani oleh Yuda (Jourdy Pranata), Arya (Ardit Erwandha), dan Jito (Iqbal Sulaiman) untuk pergi ke desa misterius tersebut.

Perjalanan mereka berempat mudah saja dilalui, namun hal yang tak mereka tahu, desa yang mereka tuju adalah Desa Penari, tempat sosok Badarawuhi bersemayam.

Setibanya di sana, kesialan bermula ketika Mila dan kawan-kawan mengetahui bahwa tetua desa tersebut baru saja meninggal sementara penggantinya, yakni Mbah Buyut (Didin Boneng), sedang tak berada di rumah.

Kondisi tersebut kemudian membuat mereka berempat harus menunggu lebih lama di Desa Penari.

Selama menunggu Mbah Buyut yang entah kemana tiba, Mila mendapatkan teror dari sosok Badarawuhi dan siluman ularnya.

Tak kuat dengan teror tersebut, Mila kemudian memilih mengembalikan Kawaturih tanpa menunggu Mbah Buyut tiba.

Akan tetapi, tindakan Mila tersebut berujung petaka. Badarawuhi kemudian menebar teror, tak hanya pada Mila tetapi juga semua orang di sekitarnya.

Lantas apa hubungan Mila dengan sosok Badarawuhi? Dan bagaimana dengan ritual penyembuhan sang ibu yang Mila lakukan? Keseruan film Badarawuhi di Desa Penari dapat ditonton di bioskop Indonesia mulai 11 April 2024.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR