Sinopsis Film Dear David: Mengungkap Sisi Lain Remaja Berprestasi

18 Februari 2023 11:02 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan dalam film Dear David. (Sumber: Palari Films/Yusuf Yudo)

Penulis: Rusti Dian

Editor: RIzal Amril

Film Dear David resmi tayang di Netflix mulai hari Jumat, 10 Februari 2023 lalu. Satu minggu sejak dirilis, film produksi Netflix Studios dan Palari Films ini menuai kontroversi.

Sejumlah sineas, seperti sutradara Joko Anwar, melalui akun Twitter pribadinya, menyebut Dear David sebagai salah satu film Indonesia dengan skenario terbaik yang pernah ia tonton.

Selain memuji skenarionya, Joko Anwar juga memuji kualitas akting aktor Shenina Cinnamon dalam film ini.

Namun, tak sedikit warganet yang menganggap jalan cerita dalam film ini justru menormalisasi kekerasan seksual.

Film yang disutradarai Lucky Kuswandi tersebut menggandeng beberapa artis ternama seperti Shenina Cinnamon, Emir Mahira, dan Caitlin North Lewis.

Film berdurasi 1 jam 58 menit ini hanya boleh ditonton oleh yang berusia 18 tahun ke atas. Walaupun demikian, cerita Dear David ini sebenarnya merekam cerita cinta remaja SMA.

Sinopsis film Dear David (2023)

Dear David menceritakan tentang seorang gadis bernama Laras (Shenina Cinnamon) yang berprestasi di sekolah. 

Selain cerdas, Laras juga aktif di berbagai organisasi, salah satunya menjadi Ketua OSIS di sekolahnya.

Sayangnya, Laras tidak punya latar belakang orang yang kaya. Keluarganya cenderung berkekurangan.

Meskipun demikian, kondisi perekonomian keluarga yang terbatas tak lantas membuat Laras menyerah. 

Ia berusaha mendapatkan beasiswa hingga lulus SMA. Inilah yang membuat Laras sebisa mungkin menjaga citra dengan tidak berbuat aneh-aneh.

Laras sangat pandai menjaga citra, hingga tak ada yang tahu kalau Laras sebenarnya menaruh hati kepada David (Emir Mahira), teman satu SMA yang populer sebagai pemain sepak bola paling keren.

Perasaan tersebut tidak pernah diungkapkan Laras secara langsung. 

Ia hanya berani menuliskan perasaannya melalui cerita fantasi yang ia tulis di blog pribadi, itu pun dengan nama samaran. Cerita tersebut dipenuhi nafsu dan gairah terhadap David.

Sepandai-pandainya Laras menutupi rahasianya, lama-lama terbongkar juga. Tulisan-tulisan Laras di blog pribadinya pun dibaca seluruh murid di sekolah. 

Hal ini disebabkan karena Laras lalai dalam menggunakan komputer sekolah. Ia lupa mengeluarkan akunnya dari komputer tersebut lantaran buru-buru masuk kelas.

Cerita fantasi tersebut sampai ke telinga guru-guru di sekolah. Para guru pun mengancam jika tidak ada siswa yang mengaku, maka siswa yang bersangkutan akan dikeluarkan dari sekolah.

Apakah Laras selamat dari ancaman dikeluarkan dari sekolah? Dear David dapat disaksikan melalui layanan streaming Netflix.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR