Sinopsis Next Sohee, Kisah Penyelidikan Kematian Seorang Perempuan Call Center

10 Februari 2023 17:02 WIB

Narasi TV

Poster film Next Sohee (2023) yang dibintangi Bae Doona. (Sumber: Instagram/doonabae)

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Rizal Amril

Film Next Sohee merupakan salah satu film Korea Selatan yang patut ditonton. Selain memiliki cerita yang seru, film ini juga menyuguhkan kepiawaian para aktornya dalam berakting.

Korea Selatan memang selalu memiliki film yang membuat banyak orang kagum. 

Setelah Parasite (2019) yang fenomenal setelah perilisannya, Next Sohee menjadi film karya sineas Korea Selatan lain yang berhasil membuat kagum.

Pertama kali ditayangkan pada gelaran Espace Miramar di Cannes, Prancis, pada 25 Mei 2022 lalu, film ini sukses mendapat tujuh menit standing ovation dalam acara tersebut.

Film garapan sutradara Jung July ini juga mendapatkan penghargaan Sutradara Terbaik dalam gelaran Fantasia International Film Festival ke-26.

Next Sohee dibintangi sejumlah aktor kawakan Korea Selatan seperti Bae Doo Na, Kim Si Eun, Song Yo Sep, dan deretan aktor lainnya.

Film bergenre kriminal ini dirilis pada 8 Februari 2023 lalu di Korea Selatan.

Sinopsis Next Sohee (2023)

Kisah dalam film ini bermula dari seorang detektif polisi bernama Yoo Jin (Bae Doo Na). Yoo Jin merupakan seorang detektif yang terkenal dingin dan sangat teliti dan tekun ketika bekerja.

Suatu ketika, ia berniat untuk menangani sebuah kasus kematian seorang perempuan bernama Sohee (Kim Si Eun).

Sohee merupakan seorang pekerja magang di sebuah perusahaan, ia bekerja sebagai petugas call center.

Dalam pengamatan Yoo Jin, kematian Sohee merupakan sebuah kejanggalan. Sebagai detektif yang teliti, ia tertantang untuk menyelesaikan misteri kematian perempuan tersebut.

Dari penelusuran kasus yang dilakukan, Yoo Jin menemukan fakta di balik kehidupan Sohee.

Sohee sebenarnya merupakan pelajar sekolah menengah. Ia mengambil pekerjaan sebagai call center dalam rangka program magang yang diinisiasi sekolahnya.

Sebagai perempuan muda, Sohee amat bersemangat untuk mendapatkan pengalaman bekerja di sebuah perusahaan.

Naasnya Sohee mendapatkan lingkungan pekerjaan yang kurang mendukung. 

Waktu kerja sebagai call center juga memungkinkan Sohee jadi super sibuk karena harus menghadapi banyak keluhan, dari yang sopan hingga penuh hinaan, dari banyak orang.

Hingga akhirnya Sohee, perempuan periang yang menyenangkan, ditemukan meninggal secara misterius.

Pada film tersebut, nantinya penonton akan diajak mendalami karakter Sohee dan Yoo Jin. 

Berangkat dari peristiwa nyata

Memiliki kisah yang menarik dan memperlihatkan cerita dari dua pekerjaan yang berbeda, Next Sohee ternyata diangkat dari kisah nyata. 

Usut punya usut, Jung July terinspirasi untuk membuat film Next Sohee setelah ia menemukan suatu berita di tahun 2016 tentang kasus bunuh diri seorang gadis magang.

Gadis yang ditemukan meninggal tersebut merupakan seorang pekerja call center yang tidak kuat menghadapi tekanan pekerjaan.

Sayangnya, karena takut untuk mengaku kepada sekolah dan dikeluarkan, gadis tersebut memendam perasaan tertekan tersebut sendirian dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Berawal dari berita itulah Jung July memutuskan untuk membuat Next Sohee dengan menampilkan risiko dan tugas yang diemban dari dua pekerjaan yang saling bertolak belakang. 

Kini setelah satu tahun keluar masuk dalam berbagai ajang festival film internasional, Next Sohee siap menyapa pecinta film di bulan Februari 2023 melalui layar bioskop di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Jadi bagaimana? Sudah siap untuk ikut menyelidiki kematian Sohee bersama detektif Yoo Jin?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR