Sinopsis Film Pusaka yang Terinspirasi dari Legenda Keris Asal Jawa

22 Jul 2024 18:07 WIB

thumbnail-article

Poster film "Pusaka" (2024). (Sumber: Instagram/filmpusaka)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Layar bioskop Indonesia kembali menghadirkan film horor yang terinspirasi dari cerita rakyat. Film tersebut berjudul Pusaka yang telah tayang sejak Kamis (18/7/2024). Sebelum menonton, simak sinopsis film Pusaka berikut ini.

Pusaka merupakan film horor yang terinspirasi dari legenda keris buatan Empu Gandring. Keris ini disebut memiliki kutukan tujuh keturunan Ken Arok yang dapat membunuh siapapun. Bahkan, benda-benda bersejarah lainnya pun tak kalah menyeramkan dari keris tersebut.

Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani, sutradara yang sering menggarap film-film horor Indonesia. Mulai dari Mumun (2022), Kuntilanak 3 (2022), Asih 2 (2020), Kuntilanak (2019), Rumah Kentang (2019), dan masih banyak lagi. Dalam film Pusaka, Rizal menggandeng Husein M. Atmojo sebagai penulis naskahnya.

Deretan aktor dan aktris ternama dalam negeri beradu akting dalam Pusaka. Mereka di antaranya Susan Sameh, Ajil Ditto, Ully Triani, Sahila Hisyam, Shareefa Daanish, Bukie B. Mansyur, Shofia Shireen, Slamet Rahardjo, dan lain-lain.

Sebagai informasi, film Pusaka diberi label D17+ oleh Cinema XXI. Artinya, film tersebut hanya boleh ditonton oleh penonton berusia di atas 17 tahun. Hal ini dikarenakan banyaknya adegan brutal dan berdarah yang tidak direkomendasikan untuk ditonton anak-anak.

Sinopsis film Pusaka

Cerita film ini berangkat dari rumah tua yang megah milik Risang Wisangko (Slamet Rahardjo). Ia adalah seorang kolektor benda-benda antik dan pusaka. Sepeninggalannya, rumah tersebut diwariskan kepada dua anaknya bernama Randi (Bukie B. Mansyur) dan Bian (Shofia Shireen).

Mereka meminta bantuan arkeolog untuk memugar rumah tua. Nantinya, rumah ini akan dibuat museum, mengingat banyaknya koleksi barang berharga mulai dari arca, prasasti, hingga senjata berusia ratusan tahun.

Akhirnya, tim arkeolog yang ditugaskan untuk datang yaitu Hanna (Susan Sameh), David (Ajil Ditto), Sandra (Ully Triani), dan Ade (Ikhsan Samiaji). 

Mereka harus mendata secara detail benda-benda yang ada di rumah Wisangko sesuai arahan Prof. Dirga (Joseph Kara) dan Mayang (Sahila Hisyam).

Mereka masuk ke ruang bawah tanah rumah Wisangko yang tidak diketahui oleh anak-anaknya. Sayangnya, tak sengaja salah satu dari mereka melepas sesuatu di benda pusaka peninggalan kerajaan kuno di Jawa. 

Hal tersebut menjadi awal dari rangkaian teror yang terjadi. Sandra (Shareefa Daanish) yang sempat memainkan keris, tiba-tiba tangannya tergores dan berdarah. Anehnya, darah tersebut tersedot oleh keris.

Apakah mereka dapat memutus teror dari pusaka tersebut? Mampukah Nina dan timnya bertahan hidup dari teror yang mengancam nyawa mereka? Temukan jawabannya dalam film Pusaka yang sedang tayang di bioskop.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER