Sinopsis Paku Tanah Jawa: Kisah Mistis Urban Tanah Jawa di Gunung Tidar

20 Mei 2024 16:05 WIB

Narasi TV

Cinema 21

Penulis: Elok Nuriyatur

Editor: Indra Dwi

Film Paku Tanah Jawa mengangkat kisah mistis urban yang ada di tanah Jawa, khususnya kepercayaan pesugihan yang ada di Gunung Tidar.

Film bergenre horror masih menjadi primadona di industri perfilman tanah air. Film ini menjadi comebacknya artis Masayu Anastasia ke layar lebar sebagai pemeran utama.

Selain Masayu Anastasia film ini juga menggandeng artis kenamaan Indonesia dan beberapa artis asal Malaysia yaitu Hasif Upin dan MK Kclique yang turut berperan dalam film ini.

Paku Tanah Jawa merupakan garapan rumah produksi Loop Entertainment yang menggandeng rumah produksi asal Malaysia, Armani Entertainment. Bambang Drias didaulat sebagai  sutradara, sebelumnya ia berhasil menggarap sejumlah film dengan judul film Mengejar Surga (2022), The Secret 2: Mystery of Villa 666 (2021), Kajeng Kliwon: Nightmare in Bali (2019), dan Villa Berdarah (2018).

Mengutip dari Lembaga Sensor Film Indonesia, film ini diperuntukkan bagi penonton berusia 13 tahun ke atas. Bagi yang penasaran dengan kisah lengkapnya jangan lupa tonton kisah mereka di layar lebar pada 6 Juni 2024 mendatang.

Sinopsis Paku Tanah Jawa

Secara garis besar, film ini mengisahkan tentang pesinden bernama Handini (Masayu Anastasia). Ia nekat melakukan pesugihan dengan tujuan agar sanggarnya laris dan maju.

Handini melakukan perjanjian gaib dan menjadi abdi Kanjeng Semanu yang memimpin sekte sesat. Dalam melancarkan perjanjian gaibnya, Handini tidak segan menumbalkan nyawa banyak pria yang terpikat akan pesonanya sebagai seorang sinden. Salah satunya Pak Kusno. Suatu hari ia diduga menjadi pria selingkuhan Handini, dan ditemukan tewas tidak wajar.

Istri Pak Kusno yang dijuluki Mami kemudian menyuruh Jalu untuk mencari tahu apakah harta peninggalan suaminya masih ada pada Handini.

Namun alih-alih membantu mami, Jalu malah terlibat cinta dengan Handini. Di sisi lainnya Handini juga mencari tumbal anak lelaki tunggal sebagai syarat selanjutnya. Terlebih perjanjian gaib Handini sudah jatuh tempo.

Lantas bagaimana dengan kelanjutan kisa Handini dan Jalu? Akankah Jalu menjadi korban pesugihan Handini selanjutnya?

Pemeran film Paku Tanah Jawa

  • Masayu Anastasia sebagai Handini
  • Gisellma Firmansyah sebagai Ningrum
  • Ismi Melinda sebagai Ajeng
  • Pritt Timothy sebagai Kyai 
  • Wanda Hamidah sebagai Dayu
  • Badriah Afif sebagai Santi
  • Wafda Saifan

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR