Sinopsis Sengkolo Malam Satu Suro: Mengangkat Kisah Dari Klenik Jawa

10 Jun 2024 10:06 WIB

thumbnail-article

Tangkapan layar trailer film "Sengkolo Malam Satu Suro." Sumber: YouTube MVP Pictures ID.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Di tengah maraknya genre film yang tayang di bioskop, Film horor adalah salah satu genre yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, salah satunya yang teranyar ada film Sengkolo Malam Satu Suro.

Film produksi MVP Pictures ini mengisahkan kisah hidup perjalanan pemandi jenazah yang kehilangan keluarganya dengan tragis.

Rencananya film garapan Hanny R. Saputro ini akan tayang di bioskop pada 20 Juni 2024. Raam Punjabi, selaku Produser MVP Pictures menggandeng sederet pemain kenamaan Indonesia seperti Donny Alamsyah, Fauzan Nasrul, Anantya Kirana, Kenya Nindia, Nesia Weroza Puspa, Dasha March, Rahmet Ababil dan Dayinta Melira.

Tentang Sengkolo

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cerita film, kita bahas lebih dulu mengenai sengkolo. Dalam klenik Jawa, sengkolo diyakini sebagai entitas negatif yang sering menghantui manusia, dianggap membawa sial, dan menghadirkan malapetaka terutama pada malam satu suro.

Pada malam pertama dalam kalender Jawa ini, Sengkolo diyakini akan aktif mencari korbannya, terutama mereka yang lahir pada weton Senin Pahing, Selasa Legi, Kamis Pon, Jumat Pahing, dan Sabtu Kliwon.

Dari film ini kita tidak hanya mendapatkan nuansa ketegangan dan kengerian khas film horor, namun penonton akan di bawah lebih jauh untuk belajar mengenai mitos sengkolo yang sudah lama tertanam dalam tradisi Jawa.

Film ini juga cocok bagi kamu yang ingin  belajar lebih banyak mengenai tradisi dan budaya Jawa. Sengkolo Malam Satu Suro tidak hanya menawarkan cerita horor yang menarik namun juga mendidik.

Sinopsis Sengkolo Malam Satu Suro

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, film ini mengisahkan tentang kehidupan Ibrahim (Donny Alamsyah) yang berprofesi sebagai pemandi jenazah.

Namun Ibrahim telah lama vakum dari profesi yang dijalani sejak kehilangan keluarganya dalam peristiwa tragis.

Suatu hari ada kejadian luar biasa yang mengubah hidup Ibrahim. Saat itu ada sebuah keluarga kaya di desanya meninggal secara misterius.

Banyak warga yang berasumsi bahwa kematian keluarga kaya itu disebabkan karena ilmu hitam.

Karena tidak ada satu warga pun yang bersedia memandikan jenazah, kepala desa akhirnya meminta bantuan Ibrahim.

Meskip awalnya Ibrahim terlihat enggan membantu, ia akhirnya menuruti permintaan kepala desa.

Satu tahun berlalu, akhirnya Ibrahim menemukan petunjuk kematian keluarganya, ia pun mulai mencari tahu fakta-fakta lainnya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER