Trigger Warning: Film Hollywood Garapan Sutradara Perempuan Indonesia yang Terancam Diboikot

27 Jun 2024 22:06 WIB

thumbnail-article

Aktor Jessica Alba dalam sebuah adegan film "Trigger Warning" (2024). (Sumber: Netflix)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Trigger Warning merupakan film Hollywood yang disutradarai oleh sutradara perempuan Indonesia, Mouly Surya. Film ini didistribusikan oleh Netflix dan telah tayang sejak 21 Juni 2024 lalu, namun kini terancam diboikot karena disebut mempromosikan stereotip anti-Islam.

Di kancah perfilman Indonesia, nama Mouly Surya bukan sutradara sembarangan. Sejumlah karyanya tak sedikit mendapat pujian dari berbagai pihak. Sebut saja, Fiksi (2008), What They Don't talk About When They Talk About Love (2013), dan Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017).

Melalui film debutnya dalam bahasa Inggris tersebut, Mouly Surya menggarap film yang bercerita tentang aksi seorang anggota pasukan khusus mengungkap kasus kematian ayahnya yang janggal.

Kendati terbilang jadi proyek debut film berbahasa Inggris Mouly Surya, namun produksi film ini tak main-main. Aktor ternama Hollywood, Jessica Alba, diplot menjadi pemeran utama.

Bagi Alba, film ini jadi tonggak kembalinya sang aktor ke layar lebar setelah terakhir kali muncul dalam film Killer Anonymous (2019) pada lima tahun lalu.

Selain menghadirkan Jessica Alba, Trigger Warning juga diproduksi oleh rumah produksi Thunder Road Films, yang dikenal dengan segudang film laga hit, seperti Hotel Mumbai (2018), Monkey Man (2024), hingga waralaba populer John Wick.

Kisah dari film ini diadaptasi dari cerita pendek karya Otep dan proses produksinya sendiri dirampungkan sejak Oktober 2021 lalu.

Mengapa Trigger Warning terancam diboikot?

Kendati jadi kabar baik karena jadi debut film berbahasa Inggris sutradara Mouly Surya, namun film ini terancam diboikot karena dianggap memperkuat stereotip anti-Arab dan anti-Islam, juga menormalisasi kekerasan terhadap orang Arab.

Salah satu adegan yang menuai kontroversi adalah adegan pembuka yang menggambarkan pria bersyal menembak truk berlogo "Organisasi Bantuan Amerika" di Suriah.

Adegan tersebut dinilai sebagai tidak etis mengingat pada 8 Juni 2024 lalu, terdapat kasus pembantaian kamp pengungsian Nuseirat, Palestina yang diduga dilakukan militer Israel dengan menyamar sebagai petugas truk pembawa bantuan.

Selain adegan tersebut, hal lain yang turut menuai kontroversi adalah syal yang dikenakan oleh organisasi bersenjata dalam film tersebut. Syal tersebut dinilai mirip dengan keffiyeh, penutup kepala tradisional Arab yang kerap dikenakan sebagai bentuk solidaritas ke Palestina.

Sinopsis film Trigger Warning

Film bergenre action-thriller tersebut mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Parker (Jessica Alba) yang merupakan anggota pasukan khusus AS dalam konflik Suriah. 

Parker dikisahkan harus kembali ke kampung halamannya setelah mendapati kabar ayahnya meninggal secara misterius.

Kabar itu Parker dapatkan dari mantan pacarnya yang kini menjadi sheriff, Jesse Swann (Mark Webber). Parker yang kerap kali bertugas di luar negeri akhirnya memutuskan tinggal di kampung halamannya untuk sementara waktu.

Dalam mengisi waktunya, Parker mengelola bar keluarga yang semula dikerjakan sang ayah, ia juga mendapati keterangan bahwa sang ayah meninggal karena bunuh diri, hal tersebut dikuatkan dengan temuan polisi mengenai surat wasiat di kamarnya.

Parker tidak lantas percaya begitu saja, ia terus mengusut kebenaran di balik kasus kematian tersebut.

Pencariannya kemudian mengarah dengan geng kekerasan yang kerap membuat onar di kampungnya, geng tersebut dipimpin oleh Elvis Swann (Jake Weary).

Karena sulitnya bantuan, akhirnya Parker memutuskan memulai aksi balas dendamnya seorang diri berbekal pelatihan komandonya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER