Sinopsis White House Down, Film Penghancuran Gedung Putih Ketiga Karya Roland Emmerich

24 Mei 2023 13:05 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan dalam film "White House Down." Sumber: Apple TV.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

White House Down adalah film bergenre action yang dibintangi oleh aktor Channing Tatum dan Jamie Foxx. Film ini bercerita tentang sebuah serangan teroris  terhadap White House atau Gedung Putih, Istana Negaranya Amerika Serikat.

Film ini rilis tahun 2013 lalu dan disutradarai oleh sutradara berkebangsaan Jerman, Roland Emmerich. Ia terkenal sebagai sutradara spesialis sci-fi, action, dan bencana. Film yang pernah ia garap adalah Independence Day, Godzilla, The Day After Tomorrow, dan film yang sempat membuat heboh yaitu 2012

Satu hal yang menarik adalah sang sutradara bukan cuma sekali 'menyerang' Gedung Putih. Pada film Independence Day, Gedung Putih dihancurkan oleh pasukan alien, sedangkan dalam The Day After Tomorrow dan 2012 Gedung Putih dihancurkan oleh bencana alam.

Tokoh utama dalam film ini adalah seorang Polisi Capitol atau Gedung DPR/MPR-nya Amerika Serikat bernama Cale (Channing Tatum) yang sedang mengikuti tour keliling Gedung Putih bersama putrinya. Tiba-tiba terjadi ledakan bom di Gedung Capitol yang membuat Kota Washington DC terisolasi. 

Di saat bersamaan, grup teroris yang dipimpin oleh mantan agen Delta Force bernama Emil Stenz menyusup ke Gedung Putih dan berhasil menguasai Secret Service sehingga mereka mampu menduduki Gedung Putih. Di tengah kekacauan itu Cale terpisah dengan putrinya dan ia pun berusaha mencari putrinya.

Ternyata Kepala Staf Kepresidenan bernama Martin Walker (James Woods) berkhianat dan berusaha membalas dendam kepada Presiden Sawyer (Jamie Foxx). 

Beruntung Cale datang dan menyelamatkan Presiden. Setelah merampas radio yang digunakan oleh teroris, Cale mengetahui rencana dari teroris sekaligus mengetahui bahwa anaknya disandera karena merekam aktivitas teroris melalui ponselnya.

Cale dan Presiden Sawyer kemudian terlibat dalam aksi kontak senjata dan untuk melumpuhkan teroris yang menyerang Gedung Putih sekaligus menyelamatkan putri Cale dari tangan teroris.

Serupa tapi tak sama dengan Olympus Has Fallen

White House Down bukan satu-satunya film di tahun 2013 yang mengangkat tentang serangan teroris ke Gedung Putih. Di tahun yang sama ada juga film berjudul Olympus Has Fallen yang dibintangi oleh Gerard Butler.

Kedua film itu mengambil inspirasi dari sumber yang sama, yaitu sebuah buku karya Vince Flynn berjudul Transfer of Power. Namun Olympus Has Fallen lebih sukses bahkan dilanjutkan dengan Olympus Has Fallen 2 dan Angel has Fallen.

Hal yang membedakan adalah White House Down memiliki cerita yang lebih kalem. Ada beberapa momen lucu dan konyol yang disisipkan di dalam film seperti momen Presiden Sawyer salah masuk pintu mobil dan berkata "Maaf, Kebiasaan", atau ketika Presiden Sawyer menyempatkan diri memakai kacamata sebelum menembak padahal Cale sedang jatuh bangun bergulat dengan salah satu teroris. 

Di sisi lain, Olympus Has Fallen merupakan film action serius dan bisa dikatakan over patriotic lengkap dengan wajah Gerard Butler yang sangat 'militer'. Respon para penikmat film adalah White House Down merupakan Olympus Has Fallen versi komedi. 

Alur kisah yang terkesan klise membuat film ini ditanggapi secara positif maupun negatif. Rotten Tomatoes hanya memberi rating tomatometer sebesar 51% namun audience score mencapai 62%, sedangkan IMDb memberi nilai 6.3. Meski demikian, tidak sedikit juga yang terhibur dan menganggap film ini underrated dan hidden gem

Bagaimana? Tertarik untuk menonton White House Down?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR