Rekomendasi Situs dan Aplikasi Terbaik untuk Jual Barang Bekas

4 November 2023 08:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi penjualan barang-barang bekas. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Punya banyak barang tidak terpakai yang memenuhi rumah dan bingung harus dikemanakan? Mau dibuang, tapi sayang karena kualitasnya masih bagus?

Jangan bingung dulu, sebab kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual barang-barangmu secara online

Saat ini, banyak orang yang lebih suka membeli barang secondhand atau preloved dengan alasan estetika, biaya, atau alasan-alasan etis. 

Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menemukan calon pembeli yang berpotensi untuk membeli barang bekasmu. Hal ini dikarenakan selalu ada pasar untuk barang-barang secondhand

Dengan menjual barang-barang seperti pakaian, tas, furniture, pernak-pernik, atau benda lainnya yang sudah tidak terpakai, kamu bisa membuat rumahmu menjadi lebih bersih dan rapi. 

Lalu, di mana kamu bisa menjual barang-barang bekas secara online?

Rekomendasi situs dan aplikasi jual barang bekas

  • Facebook Marketplace

Selain sebagai media sosial, Facebook juga menyediakan fitur khusus jual-beli bagi penggunanya. Lewat fitur bernama Marketplace, pengguna bisa menjual barang bekas yang sudah tidak terpakai dengan mudah dan praktis. 

Facebook Marketplace juga akan memberikan rekomendasi produk berdasarkan histori pencarian pengguna di berbagai platform seperti Facebook, Google, hingga Instagram. 

  • Carousell

Carousell adalah marketplace jual beli barang bekas yang populer khususnya di kalangan pecinta makeup dan fesyen wanita. 

Platform yang dikelola oleh perusahaan Singapura ini memiliki fitur yang lengkap sehingga memudahkan bagi penjual maupun pembeli untuk memajang serta melihat-lihat produk. 

  • Prelo

Pada awal kemunculannya, Prelo merupakan sebuah marketplace yang dikhususkan untuk menjual barang-barang kebutuhan wanita. 

Seiring berkembangnya Prelo, pengguna kini bisa memanfaatkan platform ini untuk jual-beli barang bekas atau preloved

Prelo menghadirkan pasar yang lebih beragam, termasuk pelaku usaha yang memiliki jasa titip hingga penyewaan barang. 

  • Shopee

Selain untuk menjual barang baru, Shopee juga bisa digunakan untuk menjual barang-barang preloved. 

Saking lengkapnya marketplace yang satu ini, kamu bisa menemukan berbagai macam barang dengan harga bersaing, termasuk di antaranya yaitu barang bekas. 

  • Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace asal Indonesia dengan skala yang sangat besar. Tak jarang, platform ini juga digunakan untuk menjual barang-barang preloved. 

Adanya fitur chat membuat komunikasi dapat berjalan dengan mudah antara penjual dan calon pembeli. 

  • OLX

Marketplace yang dulunya bernama tokobagus.com ini sejak awal memang terkenal sebagai tempat jual beli barang bekas online yang terpercaya. 

Platform ini biasa digunakan untuk menjual barang elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan, hingga properti. 

Uniknya, jika kamu ingin menjual barang bekas dan tidak tahu harga pasarannya, OLX akan memberikan kisaran harga untuk barang yang kamu jual.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR