Snoop Dogg Rilis Brand Kopi Indonesia Bernama INDOxyz di Amerika Serikat

15 Mar 2023 16:03 WIB

thumbnail-article

Produk minuman INDOxyz milik Snoop Dogg yang menggunakan biji kopi Indonesia. (Sumber: indo.xyz)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Penyanyi rap ternama dunia Snoop Dogg luncurkan produk kopi asal Indonesia di Amerika Serikat. Produk kopi tersebut bernama INDOxyz. Hal ini bermula dari ketertarikan Snoop Dogg pada kopi Indonesia.

Ia bekerja sama dengan pengusaha Lippo Group Michael Riady untuk membuat produk INDOxyz. Kerja sama tersebut berupa pengadaan, pemanggangan, dan produksi minuman dingin biji utuh, pre-ground, dan ready to drink (RTD).

Untuk saat ini, INDOxyz baru diproduksi secara terbatas di California, Amerika Serikat. 

Harga kopi tersebut dibanderol US$5,99 atau Rp276.000 untuk minuman dingin siap minum dan US$17,99 atau Rp92.000 untuk kopi biji utuh. Produk INDOxyz dijual secara online dan dalam grosir besar.

Meskipun menggunakan kopi asal Indonesia,  nama INDOxyz sebenarnya tidak merepresentasikan kopi dari Indonesia atau singkatan “Indonesia”.

Nama “INDO” dalam brand INDOxyz diambil dari lagu andalannya berjudul “Gin & Juice” yang dirilis tahun 1994. Makna kata “INDO” ini adalah mariyuana berkualitas tinggi.

Mengenal INDOxyz

INDOxyz merupakan bisnis kopi yang diinisiasi oleh Snoop Dogg dan Michael Riady sebagai Co-Founder

Ide bisnis ini berawal dari kunjungan Snoop Dogg ke Indonesia. Kala itu, Michael Riady memperkenalkan kopi lokal kepada Snoop Dogg. Dari situ, Snoop Dogg langsung jatuh cinta dengan satu kali tegukan kopi.

Dikutip dari laman INDOxyz, Snoop’s Indo Coffee memiliki misi untuk memperkuat penggerak budaya masa depan dengan kopi terbaik dunia. Menurut Snoop Dogg, Indonesia menghasilkan kopi dengan rasa dan profil yang berani dan cukup halus untuk menggairahkan peminum kopi.

Kopi pertama yang dideskripsikan di laman INDOxyz adalah Kopi Gayo Sumatra. Menurutnya, kopi ini dihargai karena rasa coklat hitamnya yang kaya dengan aroma herbal yang menggugah selera.

Kopi Gayo Sumatra jenis arabika ini ditanam di ketinggian 1.000-1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan metode pengolahan giling basah, Kopi Gayo Sumatra dinilai memiliki kualitas yang baik.

Usaha kopi Riady

Michael Riady mengaku sudah menanam kopi di Indonesia selama lima generasi secara turun temurun. 

Riady mendirikan usaha bernama Tentera Surf & Coffee Roasters yang merupakan perusahaan pemanggangan kopi seluruh Indonesia serba organik pada tahun 2017.

Riady mendapat kopi dari petani di beberapa pulau seperti Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Nantinya, biji kopi tersebut dikirim ke Los Angeles untuk dipanggang oleh Riady di pemanggang Loring S15 milik Tentera, perusahaan induk INDOxyz.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER