Sosok Dosen UII Munasir Rafie dan Aktifitas Digital Terakhirnya Sebelum Dinyatakan Hilang

20 Februari 2023 16:02 WIB

Narasi TV

Dokumentasi - Ahmad Munasir Rafie Pratama, dosen yang hilang kontak usai mengunjungi University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia. (ANTARA/HO-Humas UII)

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Keberadaan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama masih diselimuti misteri.
 
Rafie dilaporkan hilang oleh pihak keluarga dan kampus usai mengikuti kegiatan di salah satu kampus di Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023.
 
Bagaimana sosok Rafie di mata kolega kampusnya dan apa saja aktivitas terakhirnya sebelum dinyatakan hilang?

Dosen Cerdas Serius Bekerja

Di mata Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Fathul Wahid, sosok Ahmad Munasir Rafie Pratama dikenal sebagai dosen cerdas dan serius bekerja.
 
"Mas Rafie orang cerdas, terbukti dari sekolahnya, karya-karyanya, dan terbukti dari keseriusannya bekerja," kata Fathul Wahid dikutip Antara di Kampus Terpadu UII Yogyakarta di Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman, Senin (20/2/2023).
 
Di UII Rafie tak hanya menjabat sebagai dosen melainkan juga wakil dekan Fakultas Teknik Informatika.
 
Fathul mengatakan selama ini Rafie selalu menjalankan tugas-tugas kampus dengan baik.
 
"Selama ini, semua tugas yang kami berikan dijalankan dengan baik sehingga pasti ada sesuatu yang kami belum tahu pasti sampai itu terjadi.
 
Fathul merasa keputusan Rafie mengubah rute perjalanan pulangnya tanpa memberi tahu siapa pun, termasuk ke pihak keluarga sebagai hal tak biasa.
 
" Mengapa orang baik kok bisa tidak lapor, ini seperti anak kecil di rumah tiba-tiba main ke tempat tetangga dan tiba-tiba tidak pulang, kira-kira begitu," kata Fathul.

Terakhir Berada di Boston

Fathul menegaskan UII saat ini masih fokus mencari keberadaan pasti Ahmad Munasir Rafi Pratama di Boston, berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) setempat.
 
"Posisinya di Boston tidak kami ketahui secara pasti, sehingga kami perlu waktu untuk melacaknya; dan misi kami yang utama adalah membawa Mas Rafie pulang kembali ke Indonesia," ujarnya.

Sudah Dua Kali ke Amerika Serikat

Fathul enggan berspekulasi mengenai alasan Rafie ke Amerika Serikat. Ia yakin Rafie tidak memiliki keterkaitan dengan gerakan-gerakan terlarang.
 
"Kami tidak melihat Mas Rafie pernah berafiliasi dengan lembaga yang visi misinya bertentangan dengan UII. Sehingga, kami kalau ada teori yang mengatakan terkait dengan gerakan-gerakan itu, cenderung itu sangat kecil peluangnya; meskipun kami belum punya informasi pasti yang memastikan teori itu, tapi kecil kemungkinan itu," jelasnya.

Apalagi kata Fathul Amerika Serikat bukan negara yang baru dikunjungi Rafie. Rafie tercatat dua kali pergi ke AS pada 2022 untuk melakukan kerja sama internasional.
 
"Beliau sudah biasa ke luar negeri, sudah biasa kerja sama internasional. Jadi, ini kasus khusus ini, betul-betul kasus belum pernah terjadi dalam sejarah UII," tambahnya.

Kronologi Hilangnya Rafie

Rafie melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 dalam rangka tugas kampus untuk mengikuti aktivitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwagia.
 
Ia seharusnya kembali 12 Februari 2023 melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines dan mendarat di Badara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2/2023) pukul 18.00 WIB.
 
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mendeteksi Ahmad Munasir Rafie Pratama masuk ke wilayah Amerika Serikat melalui salah satu bandara di Boston pada Senin (13/2/2023).
 
Temuan tersebut didasarkan pada data Perlindungan Budaya dan Perbatasan AS (United States Customs and Border Protection).

Tidak Hilang Tapi Ubah Rute Perjalanan

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol. Krishna Murti menyebut Rafie Pratama tidak hilang tetapi mengubah rute kepulangan tanpa pemberitahuan.
 
“Sudah terdeteksi, yang bersangkutan tidak hilang. Tapi mengubah rute tanpa memberitahu siapa pun,” kata Krishna dikonfirmasi Antara di Jakarta, Senin (20/2/2023).
 
Krishna belum memastikan alasan Rafie mengubah rute perjalanan pulangnya.
 
Sebelumnya, UII Yogyakarta telah meminta bantuan National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia untuk melacak keberadaan Rafie yang dilaporkan hilang setelah menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

Jejak Digital Terakhir Rafie

Tim Pusat Krisis UII Yogyakarta telah melakukan penggalian jejak digital dan memastikan bahwa Ahmad Munasir Rafie sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan berada di Istanbul, Turki.
 
Rektor UII Prof Fathul Wahid dalam keterangannya diterima di Yogyakarta, Minggu (19/2/2023) mengatakan selain rekaman aktivitas “sing out google drive” yang terjadi pada 13 Februari 2023 pukul 03.57 waktu setempat, Tim Pusat Krisis UII menemukan jejak digital lain.
 
Rafie, kata dia, sempat terhubung internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke Kampus UII lokasi aksesnya di sekitar Istanbul pada pukul 19.00-23.00 waktu setempat pada 12 Februari 2023.
 
Informasi temuan jejak digital tersebut telah diterima KBRI Oslo.
 
Pihak kepolisian di Oslo memastikan bahwa catatan pihak imigrasi di Bandara Oslo menunjukkan bahwa Ahmad Munasir sudah tidak berada di Schengen pada 12 Februari 2023.
 
Rafie juga dilaporkan sempat melakukan komunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang (12/2) dalam perjalanan pulangnya yang saat itu berada di Bandara Oslo.
 
Sumber: Antara

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR