Tagihan Listrik Membengkak? Lakukan 5 Cara Ini untuk Menghemat Listrik

29 Dec 2022 23:12 WIB

thumbnail-article

Warga memasukkan pulsa token listrik di salah satu indekos di kawasan Sunter Jaya, Jakarta, Senin (19/7/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Rizal Amril

Tagihan listrik kamu membengkak? Mungkin bisa jadi karena kamu terlalu banyak menggunakan perangkat elektronik yang menghabiskan banyak daya. 

Setiap orang di dunia ini pasti akan menggunakan listrik untuk kebutuhan bekerja ataupun hal yang lainnya. 

Ada beberapa barang yang memakan daya besar sehingga tagihan listrik kamu menjadi membengkak. Contohnya adalah penggunaan kulkas, televisi, AC, mesin cuci, dan lainnya.

Namun, ada beberapa cara untuk menghemat penggunaan listrik di rumah kamu. Berikut ini adalah caranya.

Cara menghemat listrik

Tips berikut ini dapat kamu lakukan agar tagihan listrikmu tidak membengkak. Bijak menggunakan listrik juga jadi salah satu cara untuk menjaga lingkungan. Berikut ini tips menghemat listrik.

1. Cabut kabel yang tidak kamu gunakan

Buat kamu yang sering mengisi daya HP dan meninggalkannya berjam-jam bisa menjadi salah satu penyebab kenapa tagihan listrik kamu membengkak. Hal ini dikarenakan arus listrik yang ada pada stop kontak terus mengalir. 

Agar terhindar dari tagihan listrik yang membengkak, kamu bisa mencabut kabel dari stop kontak jika sudah tidak kamu gunakan.

2. Gunakan lampu LED

Dibandingkan dengan menggunakan lampu bohlam pada umumnya, menggunakan lampu LED bisa menghemat penggunaan listrik kamu, lho

Walaupun harganya lebih mahal, namun kamu bisa merasakan pencahayaan dengan watt yang lebih rendah.

Ada banyak sekali pilihan lampu LED di toko listrik atau di toko barang serbaguna. Kamu bisa memilihnya dengan watt yang kamu butuhkan.

3. Jangan terlalu sering mencuci baju

Sering kali kamu menggunakan mesin cuci dapat menyebabkan pemborosan listrik. Untuk mengurangi penggunaan listrik pada mesin cuci, sebaiknya kamu mencuci baju seminggu hanya 1-2 kali saja. 

Mencuci baju dengan kapasitas yang besar dalam satu waktu lebih menghemat listrik dibandingkan dengan mencuci baju berkali-kali.

Untuk lebih menghemat penggunaan listrik kamu bisa menjemur baju di bawah terik matahari. Hal itu juga bisa menghemat penggunaan listrik.

4. Pakai kipas di saat udara tidak terlalu panas

Beberapa orang seringkali menggunakan AC atau kipas angin saat cuaca menjadi sedikit lebih panas. 

Walaupun AC dapat menyejukkan ruangan secara instan, namun penggunaan AC atau kipas angin secara berlebihan bisa memakan daya listrik yang cukup besar.

Kamu bisa menggunakan AC atau kipas angin secara bijak atau saat cuaca terlalu panas dan mematikannya jika sudah mulai terasa sejuk.

5. Maksimalkan penggunaan jendela

Memberikan celah untuk cahaya masuk ke dalam rumah dan menjadikannya sumber cahaya secara alami adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi penggunaan listrik. 

Jendela yang terbuka juga bisa memaksimalkan masuknya angin, sehingga rumah akan menjadi sejuk. 

Namun kamu juga bisa menggunakan gorden untuk menghindari masuknya cahaya yang berlebih.

Selain mencegah masuknya cahaya yang berlebihan adanya gorden juga memberikan privasi bagi ruangan kamu.

Demikian adalah tips untuk menghemat penggunaan listrik agar tagihan listrikmu tidak membengkak.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER