Tanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Islam

28 Dec 2023 21:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi jodoh. (Sumber: Pexels/Monstera Production)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Pada dasarnya jodoh adalah rahasia Allah, tapi tahukah kamu sebenarnya kamu sendiri bisa merasakan jika tanda jodoh sudah dekat, lantas apa saja tandanya? Dan bagaimana cara mengetahuinya?

Dalam Islam sendiri Allah Swt. telah menciptakan manusia dan makhluk lainnya secara berpasang-pasangan, hal ini dijelaskan dalam surah Adz-Dzariyat ayat 49:

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).

Melalui surat tersebut, Allah Swt. menegaskan bahwa setiap orang memiliki jodohnya masing-masing.

Tanda jodoh sudah dekat menurut islam

Berikut adalah beberapa tanda jodoh sudah dekat menurut Islam yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Kesamaan dan kesepadanan

Mengutip dari NU Online, salah satu jodoh sudah dekat adalah memiliki kesamaan dan kesepadanan karena pada dasarnya jodoh adalah cerminan diri.

Jika ia adalah orang yang taat agama, jodohnya nanti merupakan orang yang taat agama pula. 

Begitu pula sebaliknya, apabila diri sendiri masih suka melakukan kemaksiatan dan jauh dari Allah Swt., maka jodohnya yang disiapkan oleh Allah Swt. akan sesuai dengan itu.

Hal ini telah diisyaratkan oleh Allah Swt. dalam surah An Nur ayat 26:

اَلْخَبِيْثٰتُ لِلْخَبِيْثِيْنَ وَالْخَبِيْثُوْنَ لِلْخَبِيْثٰتِۚ وَالطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَالطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبٰتِۚ اُولٰۤىِٕكَ مُبَرَّءُوْنَ مِمَّا يَقُوْلُوْنَۗ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌ ࣖ

Artinya: “Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”

2. Mendatangkan ketenangan dan ketentraman hati

Jika tambatan hati dapat memberikanmu ketenangan hati, ketentraman, kecocokan, kesenangan, pengertian, dan kasih sayang hal tersebut adalah salah satu tanda jodoh semakin dekat menurut islam.

Hal tersebut dijelaskan Al-Qur’an dalam surah Ar Rum ayat 21 dan surah Al Furqan ayat 74:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.””

3. Diterima keluarga

Menikah tidak hanya menyatukan dua insan, namun juga menyatukan dua keluarga besar. Oleh karenanya penerimaan keluarga tidak boleh diabaikan begitu saja.

Penerimaan keluarga sendiri telah diisyaratkan dalam surah An-Nur Ayat 28:

فَإِن لَّمْ تَجِدُوا۟ فِيهَآ أَحَدًا فَلَا تَدْخُلُوهَا حَتَّىٰ يُؤْذَنَ لَكُمْ ۖ وَإِن قِيلَ لَكُمُ ٱرْجِعُوا۟ فَٱرْجِعُوا۟ ۖ هُوَ أَزْكَىٰ لَكُمْ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Artinya: “Jika kamu tidak menemui seorang pun di dalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu, ‘Kembali (saja)lah,’ maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

4. Dilapangkan pintu rezeki

Tanda jodoh sudah dekat berikutnya adalah kelapangan rezeki hal ini sebagaimana dijelaskan dalam surah An Nahl ayat 72:

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِۗ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَتِ اللّٰهِ هُمْ يَكْفُرُوْنَۙ

Artinya: “Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri, menjadikan bagimu dari pasanganmu anak-anak dan cucu-cucu, serta menganugerahi kamu rezeki yang baik-baik. Mengapa terhadap yang batil mereka beriman, sedangkan terhadap nikmat Allah mereka ingkar?”

5. Merasakan getaran hati

Menurut cendekiawan muslim Indonesia, Prof Quraish Shihab, dalam kanal YouTube “Najwa Shihab”, salah satu tanda jodoh sudah dekat adalah hati yang bergetar.

“Ketika menyukai seseorang, coba tanyakan pada hati Anda, apakah dia benar-benar sosok yang hati Anda tuju atau bukan. Jika hati Anda bergetar dengan mantap, bisa jadi itu adalah jodoh yang telah Allah siapkan untuk Anda,” jelas Quraish Shihab.

“Jika belum bisa menentukan, Anda bisa meminta bantuan Allah dengan melakukan sholat istikharah, niscaya Allah akan memberi petunjuk mengenai jodoh Anda kelak,” tambahnya lagi.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER