Kenali Tanda-Tanda Kiamat Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW

29 Jul 2023 17:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi kiamat, yang tanda-tandanya dijelaskan dalam Islam. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Tanda-tanda kiamat wajib dipahami dan diketahui oleh umat muslim lantaran meyakini hari akhir termasuk dalam rukun iman yang kelima.

Dalam ajaran Islam, kapan waktu terjadinya kiamat tidak diketahui dan Allah Swt. pun merahasiakan pengetahuan mengenai waktu kiamat dari Manusia.

Hal tersebut disinggung dalam surah Al-A’raf ayat 187 yang berbunyi:

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Nabi Muhammad) tentang kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk yang) di langit dan di bumi. Ia tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Nabi Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Akan tetapi, meskipun kapan dan apa yang akan terjadi pada hari kiamat hanya diketahui Allah Swt., Rasulullah pernah memberikan peringatan mengenai tanda-tanda terjadinya hari kiamat.

Tanda-tanda kiamat

Mengutip dari laman NU Online, tanda-tanda kiamat telah dijelaskan dalam hadis Nabi saw. yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut:

 عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ 

Artinya, “Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah saw. menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam as., Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.”

Dari keterangan hadis di atas, dapat diketahui gambaran tanda datangnya kiamat, yaitu

  1. Munculnya kabut (dukhan),
  2. Munculnya dajal,
  3. Munculnya dabbah,
  4. Terbitnya matahari dari barat,
  5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj,
  6. Munculnya Isa bin Maryam,
  7. Ada tiga gerhana, yakni di timur, 
  8. Gerhana di barat, 
  9. Gerhana di jazirah Arab,
  10. Munculnya api dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

Akan tetapi, meskipun Rasulullah saw. menyebutkan 10 tanda terjadinya kiamat, para ulama memiliki perbedaan pendapat dalam menafsirkan hadis tersebut.

Melansir NU Online, pada akhirnya, apa yang akan terjadi pada hari kiamat beserta tanda-tandanya merupakan pengetahuan yang hanya Allah Swt. yang mengetahui.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER