Tanggal Hari Libur Idul Adha 2023 dan Rekomendasi Kegiatan untuk Mengisinya

21 Jun 2023 14:06 WIB

thumbnail-article

Pemeriksaan hewan kurban jelang hari libur Iduladha di Kediri, Jawa Timur. Antara Jatim/Prasetia Fauzani

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Pemerintah telah resmi menetapkan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023 pada tanggal 28 dan 30 Juni 2023. Cuti bersama tersebut diputuskan setelah hari libur Iduladha 1443 H/2023 ditetapkan pada tanggal 29 Juni 2023.

Keputusan tersebut diatur dalam Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 624 Tahun 2023, Nomor 2 Tahun 2023 dan Nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. 

Surat itu ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas. 

"Dalam rangka meningkatkan mobilitas masyarakat, pertumbuhan ekonomi dan pariwisata, serta memberikan kesempatan kebersamaan anak dengan orang tua pada saat liburan sekolah pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2023, maka perlu dilakukan perubahan terhadap cuti bersama tahun 2023," tulis pernyataan isi SKB tersebut.

Melansir dari Tempo, Abdulllah Azwar Anaz mengatakan bahwa penetapan libur Iduladha ini semata-mata dikarenakan adanya perbedaan penetapan Hari Raya Iduladha antara pemerintah dan ormas.

Aktivitas menjelang Iduladha

Momen liburan Iduladha ini juga bertepatan dengan liburan sekolah, sehingga banyak kegiatan atau waktu yang bisa dilakukan bersama keluarga. 

Berikut rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga untuk mengisi hari libur Iduladha 2023:

1. Meningkatkan kualitas ibadah

Salah satu persiapan penting menjelang Iduladha adalah meningkatkan kualitas ibadah sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah Swt.

Peningkatan kualitas ibadah tersebut dapat dilakukan dengan salat, zikir, membaca Al-Qur’an, dan melaksanakan ibadah puasa sunah.

Keterangan tersebut merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad berikut. 

Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنْ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ  

Artinya, “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Zulhijah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya,” (HR Ahmad).  

2. Mendekorasi rumah

Sebelum lebaran tiba, aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menyambut hari lebaran Iduladha adalah mempersiapkan dekorasi rumah yang cantik, unik, dan juga nyaman.

Hal ini lantaran momen Iduladha menjadi momen berkumpul dengan sanak keluarga besar, jika ada sanak saudara yang berkunjung melihat rumah kita bersih dan nyaman, tentunya membuat tamu akan betah.

3. Mempersiapkan pakaian dan perlengkapan ibadah

Pakaian baru bukan sesuatu yang wajib disiapkan, tapi tidak ada salahnya jika memakai kostum dengan warna senada untuk merayakan Hari Raya Iduladha.

Jika tidak ingin membeli, kamu bisa menggunakan pakaian lama dengan mencucinya kembali agar tampak bersih dan baru. 

Selain itu siapkan pula perlengkapan ibadah, seperti mukenah, sarung, dan sajadah.

4. Memasak makanan khas lebaran

Persiapan menjelang Iduladha selanjutnya adalah memasak makanan khas lebaran seperti opor ayam, rendang, dan juga ketupat. 

Makanan ketika Iduladha perlu dipersiapkan karena Hari Raya Iduladha tidak jauh berbeda dengan Idulfitri, yaitu momen silaturahmi yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas makan bersama.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER