Penjelasan Istilah Tentatif dan Contoh Penerapannya dalam Kalimat

18 Dec 2023 18:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi kamus yang dapat menjelaskan makna istilah "tentatif". (Sumber: Pexels/Nothing Ahead)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Apakah kamu pernah mendengar istilah tentatif? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tentatif adalah kata sifat untuk menjelaskan belum pasti, masih dapat diubah, atau sementara waktu. Intinya, tentatif berkaitan dengan sesuatu yang belum pasti dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Tentatif merupakan lawan kata dari kekal, abadi, pasti, dan tetap. Sementara sinonim atau persamaan kata tentatif adalah sementara, temporer, darurat, fana, dan provisional. 

Istilah tentatif juga bisa digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang masih dalam proses pengujian atau pertimbangan sehingga belum diputuskan dengan pasti.

Biasanya istilah tersebut akan muncul dalam konteks perencanaan. Pasalnya, dalam sebuah perencanaan pasti ada yang bersifat sudah pasti, opsional, dan juga tentatif. 

Definisi tentatif dalam konteks

Istilah tentatif memang tak banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun, istilah ini cukup familiar dalam konteks perencanaan. Berikut definisi tentatif dalam berbagai konteks yang sering ditemui:

  • Jadwal tentatif
    Jadwal tentatif berarti tanggal pelaksanaan program, kegiatan, atau acara tertentu yang masih ada kemungkinan untuk berubah.
  • Anggaran tentatif
    Anggaran tentatif adalah jenis anggaran yang tidak membutuhkan pengesahan dari lembaga legislatif karena kehadirannya tidak terencana sebelumnya.
  • Kebijakan bersifat tentatif
    Istilah tentatif dalam konteks pemberian kebijakan adalah kebijakan tersebut masih bersifat tentatif, dapat berubah dan diperbarui sewaktu-waktu.

Contoh penggunaan kata tentatif

Berikut beberapa contoh penggunaan kata “tentatif” dalam kalimat:

  • Pada debat calon presiden pertama, sentimen pemilih muda kepada para capres masih bersifat tentatif karena para kandidat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  • Rencana liburan akhir tahun kali ini masih bersifat tentatif. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti tujuan, waktu, dan uang yang dibutuhkan selama perjalanan.
  • Kesepakatan kerja sama sampai saat ini masih tentatif. Perlu adanya pembahasan lebih lanjut secara mendetail sebelum melakukan kesepakatan final.
  • Susunan kegiatan dari divisi acara ini masih tentatif. Ada beberapa hal yang harus dikoordinasikan dengan ketua panitia agar bisa segera ditetapkan.
  • Batas waktu pengerjaan masih bersifat tentatif, jadi kamu bisa beristirahat lebih dulu atau mengerjakan yang lainnya. Informasi lebih lanjut akan segera disampaikan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER