Tetap Percaya Diri ala Salma Kyana dan Sailormoney

18 Maret 2023 21:03 WIB

Narasi TV

Penulis: Faris Dzaki

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Ekosistem media sosial ternyata bikin tuntutan buat anak muda makin banyak. Entah itu tuntutan untuk sukses sebelum umur 30,  maupun tuntutan untuk mengikuti standar kecantikan.

Tuntutan kayak gini sering bikin kita ngerasa enggak cukup sama diri sendiri. Hal ini juga yang dialami Salma Kyana, Puteri Indonesia DKI Jakarta Favorit 2023. Kisahnya menemukan kepercayaan diri disampaikan di acara Indonesia Butuh Anak Muda Seri Perempuan, yang diselenggarakan di Chillax, Sudirman, Jakarta Pusat (18/03/2023).

“Dulu aku selalu mencari validasi eksternal dan itu capek banget, lebih baik fokus aja dengan value yang kita punya biar bisa berproses untuk lebih percaya diri dan memuaskan diri kita sendiri bukan orang lain,“ terang Salma Kyana di sesi Ruang Berbagi: Mencintai Diri dalam Ketidak sempurnaan.

Salma bercerita tentang perjalanannya menuju penerimaan diri yang dilanda berbagai rintangan. Salah satunya ketika Ia mulai mengalami kondisi vitiligo pada tiga tahun lalu. Kondisi tersebut tidak menghalanginya hadir sebagai kontestan pertama dengan vitiligo di kontes kecantikan Indonesia.

“Salah satu cara aku buat bisa mengenal diri sendiri ya bisa ngobrol aja dengan diri sendiri nanyain kabar dan progress. Karena pada akhirnya kita yang paling kenal dengan diri kita sendiri,” terang Salma. 

Bicara kepercayaan diri rasanya enggak lengkap tanpa membicarakan influencer Sailormoney, atau biasa dipanggil Gemat. Influencer satu ini terkenal sebagai pribadi yang pede dan tidak peduli perkataan orang lain. 

“Jangan pernah ragu untuk ngobrol sama diri sendiri dan bertanya hal-hal yang bikin kamu insecure,” jelas Gemat menceritakan caranya tetap percaya diri. Menurut Gemat, dengan mengenali dan memahami perasaan insecure, kita bisa mulai menerima dan menjadi percaya diri.

Kisah kedua influencer ini menjadi inspirasi bagi audiens yang datang ke Indonesia Butuh Anak Muda Seri Perempuan untuk lebih mengenal dan percaya pada diri sendiri.

Follow Instagram @indonesiabutuhanakmuda untuk tahu update info selengkapnya, termasuk event Indonesia Butuh Anak Muda yang akan datang.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR