Jokowi Undang 3 Capres Makan Siang di Istana Hari Ini

31 Oktober 2023 08:10 WIB

Narasi TV

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama bakal calon presiden Prabowo Subianto (kedua kanan), Ganjar Pranowo (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) makan siang bersama saat melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang ketiga kandidat calon presiden (capres) untuk makan siang bersama di Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini, Senin (30/10/2023). 

Kabar itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim.

"Ketiga bakal capres diundang serentak oleh Presiden ke Istana. Silaturahmi," kata Hermawi kepada wartawan, Senin (30/10/2023). 

Ketiga kandidat capres yang diundang Jokowi adalah mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Hermawi menyebut, diundangnya ketiga bakal capres itu merupakan bentuk dukungan Jokowi terhadap masing-masing calon yang maju di Pilpres 2024. 

Dirinya juga yakin Jokowi akan menjaga netralitas pada Pilpres 2024 mendatang.  

"Mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud, tiga capres diundang ke Istana hari ini tanpa cawapres," sambung Hermawi. 

NasDem yakini Jokowi netral

Senada dengan Hermawi, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menilai pertemuan Jokowi dengan tiga capres merupakan pesan bahwa Jokowi tidak memihak ke salah satu kandidat. 

"Ya, artinya kalau secara keseluruhan kalau kita lihat ini Pak Presiden ingin membawa pesan ke publik bahwa dia berdiri untuk semua tiga calon, ya kan," ujar Ahmad Ali. 

Sementara itu, Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin sebelumnya telah membeberkan rencana pertemuan Jokowi dengan ketiga capres.

Menurut Ngabalin, pertemuan itu adalah langkah Jokowi untuk membangun pemilu yang sejuk. 

"Sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, penting untuk Presiden menyampaikan hal-hal yang kira-kira ikut menyejukkan kepentingan politik tanah air dalam masa-masa kampanye nanti," kata Ngabalin pada Minggu (29/10/2023) seperti diansir dari Detik.com

Di sisi lain, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengaku belum menerima informasi terkait agenda makan siang tersebut. 

"Sampai saat ini, saya belum mendapat update terkait makan siang Presiden bersama capres hari ini," kata Ari. 

Ari mengatakan bahwa pihak Istana akan memberitahukan secara terbuka jika memang benar akan diadakan acara makan siang bersama Presiden Jokowi dan ketiga capres. 

Agenda itu juga nantinya akan bersifat terbuka dan dapat diliput oleh media. 

"Kalaupun jadi, pastinya akan terbuka, dapat diliput oleh media," sebut Ari. 

Kabar makan siang Jokowi dengan tiga bakal capres telah beredar di kalangan wartawan sejak Senin pagi. 

Beberapa sumber internal masing-masing bacapres juga telah mengonfirmasi dan membenarkan kabar tersebut.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR