TikTok Shop Resmi Tutup Hari Ini, Penjual Diminta Pindah Lapak

4 Oct 2023 18:10 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi logo TikTok Shop. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

TikTok akan secara resmi menutup layanan dagangnya yaitu TikTok Shop pada hari ini, Rabu (4/10/2023) pukul 17.00 WIB. 

Penutupan TikTok Shop menyusul terbitnya aturan pemerintah Indonesia yang melarang media sosial beroperasi sebagai lokapasar di dalam negeri. 

Peraturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 yang merevisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. 

Dengan ditutupnya layanan TikTok Shop, aktivitas jual-beli sudah tidak dapat dilakukan di media sosial TikTok. 

Pedagang diminta pindah lapak

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta penjual yang ada di TikTok Shop untuk berpindah lapak ke lokapasar lainnya. 

"Ya pindah, ke Shopee atau ke e-commerce lain kan mau tuh mereka nampung," kata Mendag belum lama ini.

Menurutnya, saat ini sudah banyak lokapasar yang menyediakan fitur berjualan melalui siaran langsung (live shopping). Dengan begitu, pedagang yang selama ini biasa berjualan lewat siaran langsung masih bisa melakukannya di lokapasar lain. 

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki menyebut pemisahan TikTok Shop dengan TikTok sebagai media sosial tidak merugikan para pedagang.

Pemisahan itu justru membuat TikTok sebagai media sosial bisa lebih fokus untuk promosi produk, sementara penjualan dapat dilakukan lewat medium lainnya sesuai preferensi pedagang. 

"Kan tetap bisa naikin konten promosi di TikTok medsos, malah bagus enggak ada lagi shadow banned. Jualannya nanti bisa diarahkan langsung ke WhatsApp, toko online, landing page atau ke mana pun yang seller mau," kata Menkop melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. 

Nasib pesanan yang belum selesai

Lantas, bagaimana nasib pesanan di TikTok Shop yang belum selesai?

Berdasarkan keterangan TikTok, penjual wajib memproses setiap pesanan yang belum terselesaikan dan memastikan pesanan tersebut diserahkan kepada mitra logistik untuk proses pengiriman. 

Pesanan yang belum terkirim paling lambat tanggal 5 November akan otomatis dibatalkan oleh TikTok Shop Indonesia. Pembeli yang pesannya dibatalkan akan menerima uang pengembalian sesuai dengan nominal yang dibayarkan sebelumnya.

Aturan yang sama berlaku untuk barang yang sifatnya prapesan. Penjual tetap harus memastikan barang dikirim maksimal tanggal 5 November.

Pesanan yang belum dikirim setelah lewat tanggal tersebut akan otomatis dibatalkan dan uang akan dikembalikan kepada pembeli. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER