6 Tips Jitu Bangun Sahur Tepat Waktu agar Puasa Lancar Sampai Berbuka

13 Mar 2024 21:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi alarm jam agar bangun sahur tepat waktu. (Sumber: Freepik/Racool_studio)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Selain menahan lapar dan haus, tantangan terbesar lainnya dalam menjalankan ibadah puasa yakni bangun pagi untuk sahur. Apalagi, kebiasaan ini harus dilakukan selama satu bulan penuh. 

Rasa kantuk yang dirasakan mungkin membuatmu kesulitan untuk bangun sahur. Ditambah lagi, hawa dingin di pagi hari semakin membuat badanmu terasa berat untuk bangkit dari tempat tidur.

Hal tersebut tak jarang membuat orang sulit bangun dan akhirnya melewatkan makan sahur. Padahal, makan sahur adalah hal yang penting agar tubuh kuat melakukan puasa seharian.

Tips bangun sahur tepat waktu

Kalau kamu termasuk golongan yang sulit bangun sahur, berikut sejumlah tips yang bisa kamu terapkan agar tidak ketinggalan waktu sahur.

1. Tidur lebih awal

Cara paling mudah agar tidak kesulitan bangun sahur adalah dengan tidur lebih awal pada malam harinya. 

Karena telah mendapatkan tidur yang cukup, tubuh akan lebih siap untuk bangun di pagi hari. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari begadang di malam sebelum sahur. 

2. Pasang alarm

Jangan lupa untuk memasang alarm satu atau setengah jam sebelum waktu sahur. Gunakan lagu kesukaanmu sebagai nada alarm supaya kamu bisa bangun dalam keadaan lebih semangat. 

Atau, kamu juga bisa menyamakan bunyi alarm dengan nada dering panggilan supaya lebih mudah terjaga. 

Jauhkan alarm dari tempat tidur. Dengan demikian, mau tak mau kamu harus bangkit dari tempat tidur untuk mematikan alarm. 

3. Hindari konsumsi kafein

Bagi kamu pencinta teh atau kopi, sebisa mungkin hindari konsumsi kafein menjelang waktu tidur. 

Minuman yang mengandung kafein akan membuatmu sulit tidur dan berpotensi terjaga sepanjang malam. Jika hal ini terjadi, kamu akan kesulitan untuk bangun sahur tepat waktu.

4. Hindari makan menjelang waktu tidur

Selain kafein, kamu juga sebaiknya menghindari makan terlalu dekat dengan jam tidur. Beri jarak sekitar 2—3 jam sebelum tidur jika ingin makan malam. 

Waktu makan malam yang terlalu dekat dengan jam tidur dapat mengakibatkan gangguan tidur, yang berakibat sulitnya bangun sahur.

5. Jangan main ponsel sebelum tidur

Berikutnya, jangan bermain ponsel di malam hari saat kamu sudah bersiap untuk tidur. Bermain ponsel erat kaitannya dengan insomnia. Padahal, jika tidak tidur di malam hari, kamu pasti akan kesulitan bangun untuk sahur. 

Daripada bermain ponsel, kamu bisa membaca buku atau mendengarkan podcast sambil menunggu kantuk datang.

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER