5 Tips Menghadapi Politik Kantor Penuh Drama

24 Dec 2023 10:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi suasana kerja di kantor. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi para pekerja, istilah politik kantor tentu sudah tidak asing lagi. Saat berada di kantor, kamu tak hanya akan bekerja saja, melainkan mengetahui segala sesuatu yang terjadi di kantor. Berikut cara menghadapi politik kantor agar tak terseret jauh ke dalamnya.

Politik kantor adalah adalah aktivitas, sikap, atau perilaku yang dilakukan untuk mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan dalam perusahaan. Tindakan ini umumnya dilakukan untuk mewujudkan agenda pribadi dengan mengorbankan orang lain.

Jika didefinisikan seperti itu, maka politik kantor akan berkonotasi negatif. Sebenarnya ada juga politik kantor yang memberi dampak positif. Misalnya adalah dengan membangun dan memperkuat jaringan dengan stakeholder atau pemangku kepentingan.

Penyebab politik kantor

Politik kantor biasanya disebabkan oleh motif seseorang yang ingin mempertahankan posisinya di perusahaan. Ia akan menjual ide-ide, mencapai target tertentu, menjalin relasi dengan atasan, dan lain sebagainya.

Tak jarang tindakan tersebut disertai dengan menjatuhkan rekan kerjanya. Hal ini semata-mata agar dirinya tetap eksis dan bisa naik jabatan. Bahkan tak segan-segan ia juga melobi atasan.

Politik kantor juga bisa dilakukan dengan mencari gosip-gosip terkini di kantor. Apalagi bergosip menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan karyawan perusahaan. Gosip ini bisa menjadi bahan penunjang untuk mewujudkan tujuannya.

Jika politik seperti ini terus berlanjut, maka lingkungan perusahaan akan menjadi beracun atau toxic. Hal ini tentu saja membuat karyawan merasa tak nyaman sehingga bisa berdampak pada produktivitas kerja.

Cara menghindari politik kantor

Jika kamu terlibat dalam pusara politik kantor, berikut ini cara menghindarinya:

  • Hindari mengeluh tentang pekerjaan

Mengeluh soal pekerjaan memang seperti pisau bermata dua. Kamu bisa menemukan teman-teman yang merasa senasib. Di satu sisi, keluhan ini bisa menjadi titik serang yang paling ampuh. Oleh karena itu, hindari mengeluh tentang pekerjaan di tempat kerja.

  • Jangan terpengaruh

Jika ada rekan kerja yang berusaha merendahkanmu, sebaiknya abaikan saja. Membalas perbuatannya hanya akan membuatmu lelah dan suatu saat bisa menjadi bumerang bagimu. Alih-alih balas dendam, kamu bisa mengajaknya bicara untuk menanyakan alasan perbuatannya itu.

  • Ciptakan lingkungan yang positif

Tetaplah bersikap positif dalam bekerja. Meski kamu sedang digosipkan atau mendengar gosip tertentu, bersikaplah biasa saja. Hal ini memungkinkan dirimu tetap menciptakan budaya baik di sekitar.

  • Bangun persahabatan di kantor

Sahabat atau teman yang bisa dipercaya di kantor akan sangat membantu di situasi sulit. Mereka bisa memberi nasehat sekaligus dukungan moral sehingga kamu lebih bahagia dan tak terjerumus lebih jauh dalam politik kantor.

  • Fokus pada pekerjaan

Cara mengabaikan politik kantor adalah dengan meninggalkannya dan berfokus pada pekerjaan. Sesekali kamu bisa mengikuti perkembangan politiknya agar kamu juga terhindar dari politik kantor suatu saat nanti.

Demikian informasi seputar politik kantor dan tips menghadapinya. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER