7 Tips Mengurangi Nafsu Makan, Salah Satunya dengan Menggunakan Sendok Kecil

23 September 2023 10:09 WIB

Narasi TV

Ragam makanan sehat bernutrisi. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa yang sering merasa lapar terus padahal sedang berusaha diet atau mengurangi porsi makan? Makan berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, berikut tips mengurangi nafsu makan agar kesehatanmu dapat terjaga dengan baik.

Nafsu makan berlebih biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman olahan. Makanan dan minuman ini rata-rata mengandung gula yang tinggi, garam, serta penguat rasa yang memicu rasa lapar berlebih. Ditambah lagi makanan dan minuman itu tidak memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

Penyebab lain adalah melewatkan jam makan normal yaitu tiga kali sehari. Ketika melewatkan jam makan, kamu cenderung akan mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Alhasil, timbul keinginan untuk makan tanpa dikontrol dengan baik.

Selanjutnya penyebab yang muncul dari psikologis adalah stres. Tak bisa dipungkiri bahwa stress dapat memengaruhi perilaku makan. Stres ini akan mengacaukan kerja ghrelin alias hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang.

Lantas, bagaimana cara mengurangi nafsu makan berlebih?

Tips mengurangi nafsu makan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips mengurangi nafsu makan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Berlatih mindful eating

Mindful eating adalah melatih kesadaran penuh saat makan. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan peka terhadap rasa lapar dan kenyang. Maka, sangat disarankan untuk menikmati makanan tanpa terdistraksi sesuatu dan jangan makan terburu-buru.

  • Makan tiga kali sehari

Alih-alih diet dengan makan satu kali sehari, lebih baik makan sesuai jadwal yaitu tiga kali sehari pada pagi, siang, dan malam. Makan satu kali sehari justru membuatmu cenderung mengonsumsi makanan dalam porsi besar.

Sebaliknya, ketika kamu makan sehari tiga kali dengan jam yang sesuai, maka nafsu makan berlebih dapat ditekan karena rasa kenyang lebih terjaga.

  • Minum air putih yang cukup

Air putih mengandung nol kalori sehingga baik untuk asupan cairan tubuh. Kurangi mengonsumsi minuman atau makanan manis yang dapat memicu nafsu makan berlebih.

  • Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat yang dimaksud adalah buah-buahan dan sayuran hijau. Dengan mengonsumsi makanan ini lebih banyak, maka dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dibanding yang tidak makan sama sekali.

  • Perbanyak makan makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein di antaranya adalah telur, yoghurt, ikan, daging merah tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Makanan ini juga mampu membuat tubuh merasa kenyang sepanjang hari.

  • Mengelola stres dengan baik

Hindari segala hal yang memicu stres dan mengelola stres dengan baik. Hal ini bertujuan agar keinginan makan dapat terkendali, bukan hanya mengedepankan lapar mata atau emosional.

  • Makan dengan garpu lebih besar, sendok dan piring lebih kecil

Ukuran perlengkapan makan ternyata juga memengaruhi porsi makan kita lho. Dengan menggunakan garpu lebih besar, sendok dan piring lebih kecil akan menciptakan ilusi bahwa kita sudah makan dengan cukup.

Itu tadi tips mengurangi nafsu makan berlebihan. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR